Reaksi Dunia Atas Serangan Israel ke Al-Shifa: Rumah Sakit Bukan Medan Perang!

Rabu, 15 November 2023 - 23:47 WIB
loading...
Reaksi Dunia Atas Serangan Israel ke Al-Shifa: Rumah Sakit Bukan Medan Perang!
Para pemimpin dunia dan organisasi bantuan internasional ramai-ramai mengecam keras serangan Israel terhadap Rumah Sakit al-Shifa. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Para pemimpin dunia dan organisasi bantuan internasional ramai-ramai mengecam keras serangan Israel terhadap Rumah Sakit al-Shifa, fasilitas medis terbesar di Jalur Gaza .

Setelah seminggu serangan di Jalur Gaza yang disebut sebagai “perang terhadap rumah sakit”, pemerintah, badan-badan PBB dan organisasi bantuan lainnya menyatakan kekhawatiran mereka pada Rabu (15/11/2023) ketika militer Israel menggerebek rumah sakit al-Shifa, di mana ribuan pasien, staf dan pengungsi terjebak.

Suara-suara bermunculan menentang keputusan Israel yang secara langsung menargetkan fasilitas yang seharusnya menjadi tempat berlindung yang aman berdasarkan aturan perang.

“Rumah sakit bukanlah medan pertempuran,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, Martin Griffiths, di X.

“Perlindungan terhadap bayi baru lahir, pasien, staf medis, dan seluruh warga sipil harus mengesampingkan semua kekhawatiran lainnya,” sambungnya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, setuju bahwa serangan tersebut “sangat memprihatinkan”.

“Kami kembali kehilangan kontak dengan petugas kesehatan di rumah sakit,” kata Tedros di X, sambil menambahkan: “Kami sangat mengkhawatirkan keselamatan mereka dan pasien mereka.”

Komite Palang Merah Internasional dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa mereka sangat prihatin dengan dampaknya terhadap orang-orang yang sakit dan terluka, staf medis, dan warga sipil.

Otoritas Palestina mengecam operasi Israel di dalam rumah sakit terbesar di Jalur Gaza.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)