Zelensky: Ukraina Akan Berperang Tanpa AS

Sabtu, 11 November 2023 - 13:24 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina Akan Berperang Tanpa AS
Presiden Ukraina Volodymr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina tidak akan berhenti melawan Rusia sampaiKiev merebut kembali seluruh wilayah yang dianggapnya miliknya. Hal itu diungkapkan Presiden Volodymyr Zelensky kepada Reuters dalam sebuah wawancara minggu ini.

"Penarikan dukungan AS tidak akan mempengaruhi kebijakan Kiev dalam hal ini," ujarnya seperti dikutip dari RT, Sabtu (11/10/2023).

"Jika Washington menghentikan bantuan militer dan keuangannya ke Kiev, Ukraina akan terus melanjutkan konflik tanpa bantuan tersebut," tegas Zelensky ketika ditanya apakah dia khawatir mengenai potensi perubahan kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS) khususnya dalam kasus kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden tahun 2024.

Sebelumnya, Trump berulang kali bersumpah bahwa ia akan mencapai kesepakatan damai antara Moskow dan Kiev “dalam waktu 24 jam” jika terpilih pada tahun 2024.

Berbicara kepada Reuters pada hari Rabu, Zelensky menampik janji-janji Trump untuk memperbaikai konflik tersebut sebagai rencana Trump untuk dirinya sendiri, tanpa mempertimbangkan “harga” yang harus dibayar oleh Ukraina.



“Jika hal ini akan mengubah kebijakan luar negeri Anda, lalu apa yang bisa saya katakan? Oke, kami akan berjuang tanpa Anda,” cetus Zelensky, seraya menambahkan bahwa hal itu seharusnya merupakan keinginan rakyat Ukraina.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa satu-satunya cara nyata untuk menghentikan perang adalah dengan menarik pasukan Rusia dari semua wilayah yang diklaim oleh Kiev. Dia juga mengatakan dia yakin pasukan Moskow akan melakukannya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dalam wawancaranya dengan Reuters, pemimpin Ukraina tersebut juga mengatakan bahwa setiap presiden AS akan membantu Ukraina jika mereka mengetahui semua tantangan dan dampak serta kerusakan perang.

Sebelumnya, dalam wawancara terpisah dengan stasiun televisi NBC pada Minggu lalu, Zelensky mengundang Trump ke Ukraina, dan bersumpah untuk meyakinkan mantan presiden Amerika itu bahwa ia tidak akan dapat mencapai kesepakatan apa pun dengan Rusia dalam “24 menit.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)