Gambarkan Hamas Jadikan Warga Gaza Perisai Manusia, Kartun Washington Post Dikecam

Kamis, 09 November 2023 - 19:10 WIB
loading...
A A A
Netizen lain mengatakan dehumanisasi ini mengingatkan pengguna lainnya pada kartun anti-Semit yang menggambarkan orang Yahudi secara negatif.

“Saya tidak bisa melupakan bagaimana ini terlihat persis seperti karakter antisemit tradisional, hanya dengan beberapa fitur yang dimodifikasi”, tulis seorang netizen seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (9/11/2023).

Sementara yang lain menulis: “Persis seperti inilah cara mereka menggambarkan orang Yahudi di surat kabar Eropa pada tahun 1930an.”



Di situs web Washington Post, seorang pembaca berkomentar: “Washington Post harus merasa malu karena menggunakan kiasan rasis yang saat ini digunakan untuk membenarkan genosida yang mayoritas korbannya adalah anak-anak. Tidak memanusiakan suatu bangsa membuka jalan bagi terjadinya ketidakadilan. Sangat disayangkan melihat The Washington Post menyulut api rasis. Kartun ini dan fakta penerbitannya sungguh mengerikan.”

Setelah artikel tersebut dihapus, surat kabar Amerika Serikat (AS) itu menerbitkan serangkaian surat dan komentar yang diterima dari pembaca. Para sarjana, akademisi dan perwakilan masyarakat sipil menyuarakan keprihatinan mereka bahwa, seperti yang ditulis oleh seorang pembaca: “Inti dari jurnalisme yang bertanggung jawab terletak pada kemampuannya untuk memberikan suara kepada mereka yang mungkin tidak memiliki hak suara, untuk memperjuangkan transparansi dan untuk mendorong dialog yang terinformasi. Ketika konten diterbitkan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip ini, hal itu menimbulkan pertanyaan yang sah mengenai proses editorial, integritas, dan keandalan.”

Pembaca lain menulis: “Saya seorang sarjana agama dan media; Saya mengenali penggambaran yang sangat rasis tentang 'kafir' dan kekejamannya yang biadab terhadap perempuan dan anak-anak ketika saya melihatnya lagi dalam kartun editorial Michael Ramirez tanggal 8 November. Melihat konflik ini melalui kacamata penjajah abad ke-19 sama sekali tidak informatif, bermanfaat, atau menggugah pikiran.”

Banyak pembaca menunjukkan ironi bahwa kartun tersebut menyiratkan bahwa anak-anak adalah korban Hamas, namun sebenarnya bom Israel-lah yang membunuh mereka.

“Menyerahkan kematian warga sipil Palestina di tangan Hamas dan bukannya membunuh mereka adalah kesalahan dalam mengkarakterisasi situasi,” demikian isi sebuah surat pembaca.

Kartunis Michael Ramirez, pemenang Hadiah Pulitzer dua kali, pernah menyerang warga Palestina sebelumnya. Dalam kartun lainnya, ia menggunakan slogan “Kehidupan Orang Kulit Hitam Itu Penting”, menjadi “Kehidupan Teroris Itu Penting”, yang menyiratkan bahwa dukungan yang ditunjukkan oleh orang kulit hitam di Amerika Serikat terhadap rakyat Palestina sama saja dengan berpihak pada Hamas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)