Mengenal Lebih Dekat Jalur Gaza, Medan Tempur Palestina dan Israel

Kamis, 09 November 2023 - 09:32 WIB
loading...
A A A

Jalur Gaza Dikuasai Hamas


Pada tahun 2006, Hamas memenangkan pemilu parlemen di Jalur Gaza. Hamas adalah kelompok Islam yang menentang keberadaan Israel.

Pada tahun 2007, Hamas dan Fatah, partai politik yang dominan di Tepi Barat, terlibat konflik bersenjata. Hamas berhasil menguasai Jalur Gaza, sementara Fatah tetap menguasai Tepi Barat.

Sejak saat itu, Jalur Gaza telah berada di bawah kendali Hamas. Hamas telah menerapkan pemerintahan Islam di wilayah tersebut.

Hamas menjadi salah satu musuh utama Israel. Rezim Zionis kerap melancarkan serangan di wilayah Gaza dan dibalas dengan serangan roket oleh Hamas.

Konflik antara Palestina dan Israel di Jalur Gaza telah menjadi salah satu konflik yang paling lama berlangsung di dunia.

Tak hanya itu, sejak Hamas berkuasa, Israel melakukan blokade darat, laut, dan udara terhadap Jalur Gaza hingga menyebabkan penderitaan yang luar biasa bagi penduduk Jalur Gaza.

Kota Gaza adalah kota terbesar di Jalur Gaza dan ibu kota wilayah tersebut. Kota ini terletak di pantai timur Laut Tengah, berbatasan dengan Israel di sebelah timur dan utara, dan Mesir di sebelah barat daya.

Kota Gaza memiliki luas sekitar 51 kilometer persegi dan dihuni oleh sekitar 515.556 orang, menjadikannya salah satu kota terpadat di dunia.

Konflik antara Palestina dan Israel juga menyebabkan kerusakan infrastruktur yang parah di kota ini. Banyak bangunan, termasuk rumah, sekolah, dan rumah sakit, telah hancur akibat serangan udara dan darat Israel.

Israel melancarkan serangan besar-besaran di Kota Gaza karena wilayah ini menjadi basis pemerintahan Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0606 seconds (0.1#10.140)