Prancis Tegaskan Tidak Akan Akui Kemerdekaan Catalonia

Senin, 09 Oktober 2017 - 16:40 WIB
Prancis Tegaskan Tidak Akan Akui Kemerdekaan Catalonia
Prancis Tegaskan Tidak Akan Akui Kemerdekaan Catalonia
A A A
PARIS - Pemerintah Prancis menegaskan tidak akan mengakui hasil referendum Catalonia. Dengan demikian, Prancis tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia jika akhirnya wilayah di Spanyol itu mendeklarasikan kemerdekaan.
"Jika ada deklarasi kemerdekaan, itu akan sepihak, dan itu tidak akan dikenali," kata Menteri Urusan Luar Negeri Prancis, Nathalie Loiseau dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (9/10).
"Catalonia tidak dapat ditentukan oleh pemungutan suara yang diselenggarakan oleh gerakan kemerdekaan lebih dari seminggu yang lalu. Krisis ini perlu diselesaikan melalui dialog di semua tingkat politik di Spanyol," sambungnya.
Dia kemudian mengatakan, sebuah keputusan tergesa-gesa untuk mengakui kemerdekaan setelah deklarasi sepihak semacam itu akan mengurangi tanggung jawab Prancis.
"Jika kemerdekaan harus diakui, yang bukanlah sesuatu yang sedang dibahas, konsekuensi paling mendesak adalah bahwa (Catalonia) secara otomatis meninggalkan Uni Eropa," tukasnya.
Catalonia, yang memiliki bahasa dan budaya sendiri, dan dipimpin oleh pemerintah daerah yang pro-kemerdekaan, mengadakan referendum pada 1 Oktober lalu, meskipun pengadilan konstitusional Spanyol telah mengumumkan pemungutan suara tersebut ilegal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4576 seconds (0.1#10.140)