Mengenal Yahudi Hiloni, Kelompok Yahudi Terbesar di Israel

Rabu, 08 November 2023 - 14:30 WIB
loading...
Mengenal Yahudi Hiloni, Kelompok Yahudi Terbesar di Israel
Umat Yahudi merayakan hari raya Sukkot di dekat gerbang Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada 4 Oktober 2023. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Mendengar nama Yahudi Hiloni, sebagian orang mungkin masih tampak asing. Istilah tersebut merujuk kepada salah satu kelompok Yahudi terbesar di Israel.

Sebagai informasi, Israel merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Yahudi. Jika penganut Yahudi di seluruh dunia diidentifikasi, maka sebagian besarnya pasti tinggal di Israel.

Sama seperti kepercayaan lain, agama Yahudi ternyata juga memiliki kelompoknya masing-masing. Mereka juga memiliki pandangan atau prinsip dasar yang saling dipercaya.

Menurut laporan Pew Research Center, hampir seluruh penganut Yahudi di Israel mengidentifikasi dirinya dengan empat kelompok terbesar. Di antaranya adalah Haredi (ultra-ortodoks), Dati (religius), Masorti (tradisional), dan Hiloni (sekuler).

Khusus dalam pembahasan ini, akan dijelaskan lebih jauh mengenai kelompok Yahudi Hiloni. Berikut ulasannya yang bisa disimak.

Apa itu Yahudi Hiloni?


Identitas Yahudi di Israel cukup kompleks. Hal ini bisa mencakup berbagai pemahaman terkait agama, etnis, kebangsaan, hingga budaya dan keluarga.

Hiloni menjadi kelompok Yahudi terbesar di Israel. Beberapa sumber menyebutkan penganutnya mencapai hampir setengah orang Yahudi di negara tersebut.

Ada salah satu ciri khas yang dimiliki kelompok Hiloni. Pew Research Center menyebutkan bahwa pengikut Hiloni mendukung pemisahan antara aspek agama dan kebijakan pemerintah di Israel.

Jika membandingkannya, pandangan tersebut berbanding terbalik dengan kelompok Yahudi lain. Misalnya seperti Yahudi Haredi atau Dati yang sangat mendukung nilai-nilai keagamaan dalam pemerintahan.

Lebih jauh, penganut Yahudi sekuler ini menganggap bahwa prinsip demokrasi harus lebih diutamakan daripada hukum agama. Selain itu, mereka bahkan dikatakan lebih membanggakan identitasnya sebagai warga Israel daripada pemeluk agama Yahudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)