Perbandingan Kekuatan Militer Korut Vs AS, Siapa Paling Kuat?

Senin, 06 November 2023 - 17:45 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Korut Vs AS, Siapa Paling Kuat?
Pasukan mengambil bagian dalam parade militer untuk menandai ulang tahun ke-75 berdirinya tentara Korea Utara, di Pyongyang, Korea Utara, 8 Februari 2023. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Membahas perbandingan kekuatan militer Korut Vs AS merupakan suatu hal yang menarik. Pasalnya, kedua negara tersebut bagi sebagian orang mempunyai kekuatan yang seimbang.

Korea Utara (Korut) merupakan sebuah negara yang terletak di bagian utara Semenanjung Korea, Asia Timur. Negara ini dikenal sebagai negara yang memiliki sistem otoriter dan terpusat pada satu partai, yaitu Partai Buruh Korea.

Korea Utara termasuk dalam negara komunis yang tertutup dan rakyatnya hidup dalam kemiskinan dan tertekan. Negara ini juga sering menguji coba rudal dan menyampaikan ancaman ke negara tetangganya, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Oleh sebab itulah, Korea Utara menjadi negara yang terbilang kuat lantaran berani mengancam negara seperti Amerika Serikat yang saat ini menduduki peringkat satu negara militer terkuat di dunia.

Lantas, bagaimana perbandingan kekuatan kedua negara tersebut? Berikut ulasannya.

Perbandingan Kekuatan Militer Korut Vs AS

1. Skor Power Index


Berdasarkan laporan data Global Fire Power 2023, Korea Utara mempunyai kekuatan 0,5118 (skor sempurna: 0,0000). Angka yang dimilikinya itu menjadikan Korea Utara menempati urutan yang ke-34 dari 145 negara di dunia.

Sementara itu, Amerika Serikat memiliki Skor Power Index terbaik, yaitu 0,0712 yang menempatkan negara ini menempati urutan pertama. Jika dilihat dari skor tersebut, Skor Power Index kedua negara itu terpaut jauh.

2. Jumlah Personel


Korea Utara mempunyai jumlah tentara yang cukup besar yaitu, 1,8 juta jiwa. Jumlah tersebut berasal dari 1.2 juta personel aktif, 600 ribu personel cadangan dan 200 ribu di antaranya berasal dari paramiliter.

Sedangkan Amerika Serikat memiliki personel yang sama banyak dari Korut. Amerika mempunyai 1.8 juta yang berasal dari 1.4 juta personel aktif dan 442 ribu di antaranya berasal dari personel cadangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)