Bagaimana Dampak Perang Israel-Hamas terhadap Dunia?

Minggu, 05 November 2023 - 17:17 WIB
loading...
Bagaimana Dampak Perang Israel-Hamas terhadap Dunia?
Perang Israel melawan Hamas berdampak pada gejolak ekonomi dunia. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang antara pejuang Islam Hamas dan Israel menimbulkan salah satu risiko geopolitik paling signifikan banyak hal sejak invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu.

Berbeda dengan Rusia, salah satu produsen minyak dan gas terbesar di dunia, Israel memiliki produksi energi yang sangat sedikit. Namun ada risiko perang ini dapat menyebar ke negara-negara produsen energi utama di Timur Tengah dan mempengaruhi aliran minyak dan gas.

Meskipun aliran dana tersebut belum terkena dampaknya, para analis dan pengamat pasar menunjukkan beberapa potensi komplikasi besar jika konflik meningkat.

Pertama, AS dapat memperketat atau meningkatkan penerapan sanksi terhadap Iran jika Iran terlibat dalam serangan Hamas terhadap Israel, yang selanjutnya dapat membebani pasar minyak yang sudah kekurangan pasokan. Iran dapat membalas dengan mengganggu aliran energi dari negara-negara tetangga OPEC melalui Selat Hormuz.

Kedua, kesepakatan yang ditengahi oleh Washington untuk menormalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel, yang dapat meningkatkan produksi minyak kerajaan tersebut, bisa saja gagal.

Baca Juga: PM Netanyahu Terancam Digulingkan saat Genderang Perang dengan Hamas Terus Ditabuh

Melansir Reuters, minyak mentah Brent melonjak lebih dari USD5 menjadi di atas USD90 per barel selama seminggu terakhir sejak Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober.

Analis dan orang dalam industri, yang memperkirakan reli yang lebih kuat, mengakui bahwa situasinya berbeda dari krisis minyak tahun 1973 ketika Arab Saudi mempelopori embargo yang ditargetkan pada negara-negara yang mendukung Israel selama Perang Yom Kippur, sehingga menyebabkan harga meroket.

Arab Saudi dan Rusia telah mengumumkan pengurangan pasokan secara sukarela hingga akhir tahun 2023, sehingga mendorong harga minyak ke level tertinggi dalam 10 bulan pada akhir September sebelum kekhawatiran makroekonomi menurunkan harga minyak secara drastis lagi pada minggu lalu.

David Goldwyn, mantan utusan khusus untuk urusan energi internasional di Departemen Luar Negeri AS, mengatakan faktor fundamental akan tetap menjadi pendorong harga yang lebih besar dibandingkan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)