Bagaimana Dampak Perang Israel-Hamas terhadap Dunia?

Minggu, 05 November 2023 - 17:17 WIB
loading...
A A A
AS berupaya menengahi pemulihan hubungan antara Arab Saudi dan Israel, di mana kerajaan tersebut akan menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai imbalan atas kesepakatan pertahanan dengan Washington.

Arab Saudi mengatakan kepada Gedung Putih bahwa mereka bersedia meningkatkan produksi minyak awal tahun depan untuk membantu mengamankan kesepakatan tersebut, Wall Street Journal melaporkan pekan lalu.

Washington mengatakan upaya tersebut harus dilanjutkan namun Ben Cahill dari lembaga think tank Center for Strategic and International Studies yang berbasis di AS mengatakan bahwa perundingan tersebut tidak akan berhasil.

Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz mengatakan kepada CNBC minggu ini – dalam komentar pertamanya sejak dimulainya perang – OPEC dan OPEC+ telah melalui banyak tantangan sebelumnya dan para anggotanya “terhubung” dan “kohesi mereka tidak boleh ditantang”.

Juru bicara kementerian perminyakan Irak pada 12 Oktober mengatakan bahwa OPEC+, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia, tidak bereaksi secara spontan terhadap tantangan pasar.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak menambahkan pada hari Kamis bahwa harga minyak saat ini menjadi faktor penyebab konflik dan mencerminkan keyakinan pasar bahwa risiko yang ditimbulkan oleh bentrokan tersebut tidak terlalu tinggi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan minggu ini koordinasi OPEC+ akan dilanjutkan “untuk memprediksi pasar minyak”.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)