Gempa Bumi Guncang Nepal, 128 Orang Tewas

Sabtu, 04 November 2023 - 12:17 WIB
loading...
Gempa Bumi Guncang Nepal, 128 Orang Tewas
Korban gempa bumi dirawat di rumah sakit di Nepal. Foto/AP
A A A
KATHMANDU - Gempa bumi mengguncang Nepal dan menewaskan 128 orang. Kabar itu diungkap para pejabat pemerintah setempat pada Jumat malam (3/11/2023).

Pusat Seismologi Nasional Nepal awalnya mengukur gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR), namun Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan gempa berkekuatan 5,6 skala Richter.



Pusat Penelitian Geosains Jerman mengatakan gempa berkekuatan 5,7 skala Richter. Sementara itu, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) melaporkan gempa berkekuatan 6 skala Richter.

Pusat gempa berada di Jajarkot, daerah di perbukitan yang berpenduduk sekitar 190.000 jiwa yang tinggal di desa-desa yang tersebar.

Pihak berwenang setempat mengatakan mereka belum dapat menghubungi daerah terdekat dengan pusat gempa.

Jalan menuju kota yang paling dekat dengan pusat gempa, Ramidanda, tertutup tanah longsor, sehingga memperlambat upaya penyelamatan. Helikopter dan pasukan darat telah dikerahkan untuk membantu misi penyelamatan.



Gempa yang terjadi hampir tengah malam waktu setempat itu terasa di ibu kota India, New Delhi, ratusan mil jauhnya.

Peristiwa ini terjadi hampir satu tahun setelah gempa pada 9 November 2022 melanda Nepal, menewaskan enam orang dan melukai 12 lainnya di distrik Doti.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)