alexa snippet

Senator AS: 'Kuliahi' Suu Kyi Soal Rohingya Bukan Sebuah Solusi

Senator AS: Kuliahi Suu Kyi Soal Rohingya Bukan Sebuah Solusi
Pemimpin Senat dari Partai Republik Amerika Serikat (AS), Mitch McConnell menyatakan, menguliahi Aung San Suu Kyi soal Rohingya bukanlah sebuah solusi. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Pemimpin Senat dari Partai Republik Amerika Serikat (AS), Mitch McConnell menyatakan, menguliahi Aung San Suu Kyi soal Rohingya bukanlah sebuah solusi. Ini merupakan respon atas pengajuan resolusi di Senat AS soal Rohingnya.

McConnell menyatakan, dia tidak akan menyetujui resolusi tersebut, karena waktunya tidak tepat. Dia menuturkan, saat ini yang harus dilakukan adalah mendukung pemerintah Suu Kyi untuk melakukan perubahan di Myanmar, yang sudah bertahun-tahun hidup dibawah pimpinan junta miluter.

"Saya tidak menyukai sebuah resolusi yang mengincar dia (Suu Kyi). Saya pikir dia adalah pengharapan terbesar bahwa kita harus memindahkan Myanmar dari tempat yang sebenarnya, sebuah kediktatoran militer, ke tempat yang saya harap ini akan terjadi," ucap McConnnell, seperti dilansir Reuters pada Rabu (13/9).

"Pandangan pribadi saya adalah Amerika yang memilihnya, dan menguliahi dia saat dia dalam posisi yang sangat menantang seperti saat ini sangat tidak membantu. Jadi saya tidak berniat menjadi bagian dari itu," imbuhnya.

Pekan lalu, Senator John McCain, seorang Republikan, dan Richard Durbin, seorang Demokrat, memperkenalkan sebuah resolusi yang mengecam kekerasan tersebut dan mendesak Suu Kyi untuk bertindak.

Tekanan internasional telah meningkat terhadap Myanmar untuk mengakhiri kekerasan yang telah membuat sekitar 370 ribu Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh. Pemerintah AS telah meminta perlindungan warga sipil, dan Bangladesh telah mendesak zona yang aman agar pengungsi dapat kembali ke rumah.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top