Bakal Diterjang Badai Irma, Kuba Evakuasi 700 Ribu Orang

Jum'at, 08 September 2017 - 11:39 WIB
Bakal Diterjang Badai Irma, Kuba Evakuasi 700 Ribu Orang
Bakal Diterjang Badai Irma, Kuba Evakuasi 700 Ribu Orang
A A A
HAVANA - Sekitar 700 ribu orang telah dievakuasi dari pantai timur laut Kuba karena badai Irma bergerak ke arah barat melintasi Karibia. Demikian pernyataan pihak berwenang.

Badai yang masuk dalam kategori lima diperkirakan akan melintas di antara pulau Hispaniola, wilayah Haiti dan Republik Dominika, dan Kepulauan Turks dan Caicos pada Kamis malam.

"Inti badai kemudian akan bergerak di antara pantai utara Kuba dan Bahama," bunyi pernyataan dari layanan cuaca Kuba seperti disitir dari Xinhua, Jumat (8/9/2017).

Angin maksimum yang dimiliki Irma tetap berada pada kecepatan 280 km/jam dengan hembusan angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana tropis.

Pusaran luar topan tersebut diperkirakan akan melepaskan hujan deras di provinsi timur Kuba Guantanamo dan Holguin pada Kamis malam, bersamaan dengan angin badai tropis dan gelombang yang bisa mencapai 6 sampai 8 meter.

Pertahanan Sipil Kuba mengumumkan peringatan badai untuk semua provinsi timur dan wilayah pusat Ciego de Avila. Mereka mendesak semua pemerintah dan kelompok sipil untuk menyelesaikan persiapan mereka terkait terjangana badai super tersebut.

Lebih dari 10.000 wisatawan yang berlibur di pulau tersebut juga telah dievakuasi atau terbang pulang.

Irma telah meninggalkan kehancuran di Karibia, menewaskan sedikitnya 15 orang dan merusak rumah serta infrastruktur lainnya di Antigua dan Barbuda, Puerto Riko, St Martin, dan pantai utara Republik Dominika.

Badai yang luar biasa kuat ini adalah yang terkuat yang pernah tercatat di Atlantik.

Setelah menghantam utara Kuba, Irma diperkirakan akan memasuki negara bagian AS di Florida.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4462 seconds (0.1#10.140)