Hamas Siap Bebaskan Sandera Non-Kombatan dengan Syarat Ini

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 18:43 WIB
loading...
Hamas Siap Bebaskan Sandera Non-Kombatan dengan Syarat Ini
Pejuang Hamas membawa sandera dari wilayah Israel ke Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023. Foto/AP
A A A
NEW YORK - Kelompok pejuang Palestina Hamas bersedia melepaskan warga non-kombatan yang mereka tawan sejak 7 Oktober 2023.

Tawaran Hamas itu diungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Kamis (26/10/2023).

“Berdasarkan perundingan kami, Hamas siap membebaskan tahanan sipil,” ujar Amir-Abdollahian di Majelis Umum PBB, seperti dikutip The National, media yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA).

“Di sisi lain, dunia harus mendukung pembebasan 6.000 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel,” papar dia.

Al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon melaporkan Hamas bersedia bekerja sama dengan Turki dan Qatar untuk memfasilitasi pemindahan sandera ke tahanan Iran.

Tidak jelas apakah pembebasan ini akan dilakukan secara sepihak atau sebagai imbalan bagi warga Palestina yang dipenjara.

Pengumuman Amir-Abdollahian ini muncul hanya beberapa jam setelah wakilnya, Ali Bagheri, mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekan Rusia di Moskow.

“Pembicaraan itu berfokus pada perlunya gencatan senjata di dan sekitar Jalur Gaza dan penyediaan bantuan kemanusiaan yang cepat kepada penduduk Palestina yang terkena dampak,” papar pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia.



“Utusan khusus Rusia untuk Timur Tengah Mikhail Bogdanov dan Bagheri sepakat mengkoordinasikan secara erat upaya untuk menstabilkan situasi di wilayah tersebut,” ungkap Kemlu Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)