Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?

Senin, 23 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Namun senjata ini mendapat banyak perhatian AS sejak pengujian awal, dan hal ini menjadikannya serta fasilitas peluncuran potensial – yang tampaknya cukup besar dan rentan – menjadi target jika terjadi konflik antara Rusia dan AS.

“Saya membayangkan jika hal ini terjadi, jika benda ini dikerahkan, maka fasilitas peluncuran ini akan menjadi salah satu target pertama,” kata Podvig, sambil mencatat bahwa hal itu akan berdampak pada tingkat probabilitas keseluruhan Burevestnik yang kemudian melakukan serangan balasan kedua. “Menurut saya, ICBM dengan beberapa hulu ledak jauh lebih baik dibandingkan sistem semacam ini.”

6. Lebih Bersifat Politis

Dan jika memang demikian, kemungkinan besar orang-orang Rusia menyadari hal ini, sehingga menimbulkan pertanyaan: mengapa repot-repot mengembangkan Burevestnik?

Mungkin saja sesuatu yang bersifat politis, kata Podvig, seraya menambahkan bahwa “ini adalah salah satu proyek politik yang pada dasarnya diciptakan untuk membuat presiden bahagia.”

Ini bukan pertama kalinya kebahagiaan Putin menjadi prioritas. Seluruh narasi perang di Ukraina telah disaring untuk Putin, dengan berita tentang kekalahan di medan perang dan melemahnya cadangan pasukan semakin dipermudah seiring dengan kemajuan mereka. Bagi Rusia, kondisi perang saat ini sangatlah buruk.

Kemungkinan lainnya adalah Putin sedang menyiapkan Burevestnik sebagai alat tawar-menawar – dia suka menggunakan senjata nuklir untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Burevestnik memberinya, kata Podvig, kesempatan untuk mengatakan bahwa Rusia memiliki senjata unik di gudang senjatanya. Itu mungkin cukup di meja perundingan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)