Putin Nilai Barat Sombong, Sebut Nuklir Rusia Siap Tempur

Jum'at, 10 Mei 2024 - 13:08 WIB
loading...
Putin Nilai Barat Sombong, Sebut Nuklir Rusia Siap Tempur
Presiden Rusia Vladimir Putin menilai negara-negara Barat sombong, yang mengambil risiko konflik global. Dia memperingatkan bahwa kekuatan nuklir Rusia siap tempur. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menilai negara-negara Barat sombong dan mengambil risiko konflik global. Dia lantas memperingatkan bahwa kekuatan nuklir Moskow berada dalam kesiapan tempur.

Putin menyampaikan hal itu pada Kamis dalam pidato Victory Day atau Hari Kemenangan, yang menandai kemenangan Soviet atas Jerman dalam Perang Dunia II.

Dengan nada menantang di hadapan ribuan tentara Rusia di Lapangan Merah Moskow, sang presiden mengatakan bahwa para elite Barat telah melupakan peran Uni Soviet dalam mengalahkan Nazisme dan kini memicu konflik di seluruh dunia.

“Kami tahu apa yang diakibatkan oleh ambisi yang terlalu tinggi. Rusia akan melakukan segalanya untuk mencegah bentrokan global,” katanya, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (10/5/2024).

“Tetapi pada saat yang sama, kami tidak akan membiarkan siapa pun mengancam kami. Pasukan strategis kami selalu dalam kondisi siap tempur," lanjut Putin.



Hari Kemenangan telah menjadi hari libur paling penting di Rusia ketika Putin menempatkan negaranya pada posisi yang kuat dalam pertempuran.

Dengan membangkitkan semangat Perang Dunia II, presiden tersebut telah berulang kali menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sejak 2022 sebagai pertempuran eksistensial melawan Nazisme.

Pidatonya tahun ini disampaikan ketika pasukannya mencapai kemajuan di Ukraina dan tepat setelah dia mengambil sumpah untuk masa jabatan kelima yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah memenangkan pemilihan presiden tanpa oposisi.

Pada pelantikan mewah yang diadakan dua hari sebelumnya, dia berjanji akan memberikan kemenangan kepada Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)