Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?

Senin, 23 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?
Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki senjata super. Foto/Military Today
A A A
GAZA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim rudal jelajah bertenaga nuklir eksperimentalnya berhasil, namun meskipun itu benar. Banyak pihak menyebut itu “senjata super” seperti yang dibanggakan oleh Putin. Meskipun banyak analis meragukan kemampuan senjata tersebut.

Senjata tersebut bukanlah tambahan selain opsi serangan nuklir yang sudah dimiliki Rusia. Meski begitu, rudal tersebut bukannya tidak berguna. Rudal tersebut adalah rudal 9M730 Burevestnik.

Berikut adalah 6 fakta tentang senjata supernya Presiden Rusia Vladimir Putin.

1. Sukses dalam Uji Coba

Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?

Foto/Defense Express

Awal bulan ini, Putin mengumumkan bahwa Rusia berhasil melakukan uji coba rudal 9M730 Burevestnik, salah satu dari enam senjata strategis baru yang ia ungkapkan pada tahun 2018 yang sedang dikembangkan Rusia. Dalam pengumuman terbarunya, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai pengujian tersebut.

Pelaporan sebelumnya menunjukkan bahwa Rusia melakukan lebih dari puluhan uji coba antara tahun 2017 dan 2019. Tidak ada yang berhasil, meskipun satu atau dua tes mungkin menjanjikan. Selama pengujian, pengambilan senjata yang sebelumnya jatuh ke laut diyakini telah mengakibatkan kecelakaan nuklir yang mematikan.

Memang ini bukan rekam jejak yang paling kuat, namun jika klaim Putin benar dan senjata tersebut akhirnya menunjukkan hasil yang menjanjikan, hal ini akan menimbulkan banyak pertanyaan lanjutan tentang potensi fungsi dan kegunaan Burevestnik.


2. Memiliki Kemampuan Siluman

Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?

Foto/Defense Express

Rudal jelajah siluman yang terbang rendah dengan hulu ledak nuklir dapat beroperasi dengan jangkauan yang praktis tidak terbatas di sepanjang jalur penerbangan yang tidak dapat diprediksi seperti yang digambarkan Putin pada tahun 2018.

Akankah mereka memiliki “kemampuan untuk melewati garis intersepsi” dan “kebal terhadap semua sistem pertahanan rudal dan pertahanan udara yang ada dan yang akan datang” seperti yang diklaimnya? Hal ini tidak sepenuhnya jelas.

“Dengan adanya Burevestnik dalam pemberitaan, izinkan saya mengatakannya lagi – kegunaan sistem senjata ini (dengan asumsi sistem ini berfungsi) adalah nol,” pakar senjata nuklir Pavel Podvig menulis di X tak lama setelah tersiar kabar mengenai pengumuman Putin pada tanggal 5 Oktober.

3. Tidak Lebih Unggul Dibandingkan Rudal Balistik Antarbenua Lainnya

Seperti Apa Senjata Supernya Presiden Rusia Vladimir Putin?

Foto/Defense Express

Dia mengatakan kepada Insider bahwa sistem ini tidak menawarkan keunggulan apa pun dibandingkan sistem strategis yang sudah dimiliki Rusia, seperti rudal balistik antarbenua (ICBM) dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)