Siapa Daniel Noboa? Presiden Terpilih Ekuador Berusia 35 Tahun Tanpa Pengalaman Politik

Minggu, 22 Oktober 2023 - 19:19 WIB
loading...
A A A
“Pragmatisme harus menjadi bintang utaranya,” kata Basabe. Dia percaya bahwa Noboa harus menghindari keterlibatannya dengan Majelis Nasional sebisa mungkin, dan lebih fokus pada apa yang bisa dia lakukan melalui tindakan eksekutif.

“Membeli perlengkapan baru untuk pasukan keamanan tidak memerlukan izin dari Majelis Nasional. Dia hanya perlu mengalokasikan sejumlah anggaran untuk itu dan memiliki kemauan politik untuk mendorongnya,” jelas Basabe.

6. Mengikuti Tren Politik Sayap Kanan

Siapa Daniel Noboa? Presiden Terpilih Ekuador Berusia 35 Tahun Tanpa Pengalaman Politik

Foto/Reuters

Noboa juga menghadapi kecurigaan bahwa dia adalah bagian dari tren politik sayap kanan yang dimulai dengan Lasso.

Presiden yang akan segera habis masa jabatannya adalah pemimpin konservatif terpilih pertama di negara itu dalam hampir dua dekade. Seperti Noboa, Lasso adalah seorang pengusaha sebelum berkarir di bidang politik, pernah memimpin sebuah bank terkemuka.

Menjelang pemilihan putaran kedua hari Minggu, Gonzalez dan Gerakan Revolusi Warga berusaha menghubungkan kedua orang tersebut, membingkai Noboa sebagai kelanjutan dari gerakan sayap kanan yang dimulai Lasso.

Para kritikus menunjuk pasangannya, VerĂłnica Abad, sebagai bukti kecenderungan politik tersebut. Sebagai seorang pelatih bisnis sayap kanan, Abad telah berbicara tentang keinginannya untuk memprivatisasi layanan pendidikan dan kesehatan di Ekuador, dan dia sangat vokal dalam kritiknya terhadap aborsi dan feminisme.

7. Tidak Memiliki Pengalaman Politik

Siapa Daniel Noboa? Presiden Terpilih Ekuador Berusia 35 Tahun Tanpa Pengalaman Politik

Foto/Reuters

Namun Noboa menggambarkan pandangannya sebagai sayap kiri-tengah, dan para analis menekankan masih terlalu dini untuk memahami bagaimana ia akan memerintah, mengingat sejarah politiknya yang terbatas.

“Dia adalah seorang anak berusia 35 tahun yang tidak memiliki pengalaman politik nyata, dan dia mempunyai kekayaan yang sangat besar. Tidak ada seorang pun yang tahu seperti apa pemerintahannya nantinya,” kata Basabe.

Analis politik Arianna Tanca Macchiavello mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia yakin kendala fiskal dan politik akan menentukan pemerintahan Noboa lebih dari ideologi apa pun.

Dia menjelaskan kampanye politiknya sejauh ini mengandalkan optik, dan Noboa tidak menampilkan dirinya sebagai sayap kanan atau sayap kiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)