Pengaruh Ikhwanul Muslimin di Penjuru Dunia, Menginspirasi Perjuangan Hamas hingga Mendukung Kemerdekaan Indonesia

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Setelah itu, Hamas terus berkembang sebagai organisasi berpengaruh di Palestina. Mereka pun tak jarang terlibat perang bersenjata dengan pasukan Israel.

Selain Hamas, pengaruh Ikhwanul Muslimin juga turut menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok Islam lain di dunia. Misalnya, Partai Ennahda di Tunisia, Islamic Action Front di Yordania, Islamic Constitutional Movement di Kuwait, Minbar di Bahrain, dan lain sebagainya.

Mendukung Kemerdekaan Indonesia

Pasca deklarasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia mendapat beberapa pengakuan dari negara-negara lain, khususnya di kawasan Timur Tengah. Salah satu yang paling awal adalah Mesir.

Pengakuan dari Mesir tak luput dari perjuangan yang dilakukan tokoh-tokoh Indonesia yang menetap atau belajar di Kairo. Dalam hal ini, mereka turut menggalang dukungan dari Mesir berkaitan dengan pengakuan kedaulatan Indonesia.

Keputusan Mesir dalam memberi pengakuan terhadap Indonesia juga turut dipengaruhi Ikhwanul Muslimin yang kala itu menjadi organisasi besar. Berbekal koneksi yang dimiliki juga dengan Hassan Al-Banna, ia turut menggunakan pengaruhnya untuk mendorong negara-negara Arab lain dalam mendukung kemerdekaan Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengaruh Ikhwanul Muslimin di penjuru dunia.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)