Kejutan Pertumbuhan Ekonomi China Tak Goda Investor, Partai Komunis Gelisah

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 09:43 WIB
loading...
Kejutan Pertumbuhan Ekonomi China Tak Goda Investor, Partai Komunis Gelisah
Kejutan pertumbuhan ekonomi China tidak memikat investor, Partai Komunis China menjadi gelisah. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Data perekonomian China sepanjang September memberikan banyak kejutan, dengan pertumbuhan yang lebih cepat dari perkiraan, penurunan angka pengangguran, dan sedikit momentum dalam sektor konsumsi.

Kendati demikian, para investor tidak terburu-buru untuk mempercayai hal tersebut.

Saham-saham blue-chip China (.CSI300), turun hampir 7% tahun ini—dibandingkan dengan kenaikan hampir 10% pada saham-saham dunia (.MIWD00000PUS)—tidak terpengaruh oleh berita tersebut dan kembali turun sebesar 0,8% pada Rabu lalu.

Mata uang yuan kesulitan mempertahankan kenaikan kecilnya, karena tangan pembeli tertahan oleh berbagai kekhawatiran, mulai dari krisis di sektor properti hingga meredupnya prospek percepatan pertumbuhan.



"Data pertumbuhan kuartal ketiga saja belum cukup untuk membalikkan sentimen pasar," kata Chi Lo, ahli strategi pasar senior untuk Asia-Pasifik di BNP Paribas Asset Management di Hong Kong.

"Jika kondisi ini berlanjut, termasuk mengenai pemasukan bagi sejumlah perusahaan di kuartal keempat, maka investor mungkin akan kembali," sambungnya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (20/10/2023).

Data resmi menunjukkan China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, tumbuh 1,3% pada kuartal ketiga, di atas perkiraan pasar sebesar 1%, yang tampaknya menutup musim yang mengecewakan.

Pertumbuhan tahun ini sebesar 5,2% berada di jalur yang sesuai dengan target setahun penuh China sebesar 5%.

Namun properti tetap menjadi batu loncatan bagi pertumbuhan dan kepercayaan di China, dan meski perekonomian sudah mencapai titik terendahnya, belum ada tanda-tanda pemulihan cepat yang dapat mendorong investasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)