Kawasan Industri Dekat Teheran Terbakar, Isu Sabotase Menguat

loading...
Kawasan Industri Dekat Teheran Terbakar, Isu Sabotase Menguat
Pemadam kebakaran Iran berusaha memadamkan api di kawasan industri dekat Teheran. Foto/Tasnim
A+ A-
TEHERAN - Petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang melahap beberapa bangunan industri di luar Ibu Kota Iran, Teheran. Serangkaian kebakaran dan ledakan misterius telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir di Iran, memicu spekulasi tentang kemungkinan sabotase.

Media pemerintah melaporkan kebakaran itu terjadi di sebuah kawasan industri di distrik Jajrud, distrik Pardis. Tidak ada korban yang dilaporkan.

Rekaman video menunjukkan gudang yang terbakar saat gelombang asap besar memenuhi udara, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (4/8/2020).

Petugas pemadam kebakaran masih berupaya menahan kobaran api. Seorang pejabat pemadam kebakaran mengatakan kepada stasiun TV pemerintah Iran bahwa mereka masih berusaha untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran.



Iran telah dilanda serangkaian kebakaran dan ledakan selama dua bulan terakhir. Pekan lalu, enam truk bahan bakar meledak di provinsi Kermanshah, Iran barat. Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dibutuhkan untuk memadamkan api. (Baca: Insiden Misterius di Iran Berlanjut, 7 Kapal Dekat PLTN Terbakar)

Pada bulan Juni, fasilitas penyimpanan gas yang terletak di dekat Ibu Kota rusak oleh ledakan. Awal bulan itu, ledakan besar di situs nuklir Natanz dilaporkan menyebabkan kerusakan signifikan. (Baca: Iran Ragu Serangan Rudal Penyebab Ledakan Situs Nuklir Natanz)

Insiden itu, beberapa di antaranya belum sepenuhnya dijelaskan, telah mengarah pada teori sabotase, yang menunjuk pada kemungkinan terlibatnya Israel. Teheran tidak secara terbuka mendukung spekulasi semacam itu, sementara Tel Aviv telah mengeluarkan pernyataan-pernyataan dengan kata-kata yang tidak mengkonfirmasi atau menyangkal keterlibatannya.
(ber)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top