Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?

Minggu, 15 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A

2. Menyelamatkan para sandera

Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?

Foto/Reuters

Banyak dari para sandera adalah warga Israel, namun terdapat juga sejumlah besar warga negara asing dan warga negara ganda di antara mereka, sehingga beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, Prancis dan Inggris mempunyai kepentingan dalam operasi ini dan pembebasan mereka secara aman.

Presiden Emmanuel Macron telah berjanji kepada keluarga Prancis-Israel untuk membawa pulang orang yang mereka cintai: "Prancis tidak akan pernah meninggalkan anak-anaknya."

Sejauh mana nasib para sandera akan mempengaruhi perencana militer masih belum jelas, dan terdapat juga tekanan dalam negeri terhadap para pemimpin Israel.

Amir Bar Shalom membandingkan situasi ini dengan Olimpiade Munich tahun 1972, ketika pria bersenjata Palestina menangkap atlet Israel dan membunuh 11 orang.

Sebuah operasi diluncurkan untuk mencari dan membunuh semua orang yang terlibat dalam serangan itu dan dia yakin pemerintah ingin memburu semua orang di balik penculikan tersebut.

Menyelamatkan begitu banyak orang yang ditahan di berbagai wilayah di Gaza mungkin tidak dapat dilakukan oleh pasukan komando unit elit Israel, Sayeret Matkal. Hamas telah mengancam akan menembak sandera sebagai pencegah serangan Israel.

Pada tahun 2011, Israel menukar lebih dari 1.000 tahanan untuk pembebasan seorang tentara, Gilad Shalit, yang ditahan oleh Hamas selama lima tahun. Namun Israel akan berpikir dua kali sebelum melepaskan tahanan secara besar-besaran, karena salah satu tahanan yang dibebaskan dalam pertukaran itu adalah Yahya Sinwar, yang kemudian menjadi pemimpin politik Hamas di Gaza.

3. Menilai Tetangga Israel

Bisakah Invasi Darat Israel ke Gaza Mencapai Tujuannya?

Foto/Reuters

Hal yang juga dapat mempengaruhi durasi dan hasil serangan darat adalah bagaimana reaksi negara-negara tetangga Israel.

Mereka mungkin menghadapi peningkatan tuntutan dari Mesir, yang berbatasan dengan Gaza dan sudah mendorong agar bantuan diizinkan melalui perbatasan Rafah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)