Tekan China, AS: Waktu Berbicara tentang Korut Sudah Berakhir

Senin, 31 Juli 2017 - 08:44 WIB
Tekan China, AS: Waktu Berbicara tentang Korut Sudah Berakhir
Tekan China, AS: Waktu Berbicara tentang Korut Sudah Berakhir
A A A
NEW YORK - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menegaskan bahwa waktu untuk berbicara tentang Korea Utara (Korut) sudah berakhir. AS menekan China untuk tegas apakah bersedia untuk menjatuhkan sanksi PBB yang lebih kuat atau tidak usai Pyongyang menguji tembak rudal balistik.

Tekanan AS pada China itu disampaikan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley. Dalam sebuah pernyataan, Haley mengatakan bahwa resolusi Dewan Keamanan PBB yang baru tidak ada nilainya karena tidak secara signifikan meningkatkan tekanan internasional terhadap rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korut.

AS telah menerbangkan dua pesawat pembom supersonik B-1B di atas semenanjung Korea kemarin setelah Pyongyang menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) pada hari Jumat malam.

”China harus memutuskan apakah akhirnya bersedia mengambil langkah vital ini (atau tidak). Waktu berbicara sudah berakhir,” ujar Haley, yang dikutip Reuters.

Duta Besar China untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tekanan dari AS.

AS telah melakukan pembicaraan dengan China—sekutu Korut—mengenai sebuah rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk menjatuhkan sanksi yang lebih kuat kepada Pyongyang. Haley memberi China sebuah draft resolusi itu setelah Korut menguji tembak ICBM pada 4 Juli lalu.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Senin (31/7/2017) mengaku sudah berbicara dengan Presiden AS Donald Trump melalui telepon. Mereka sepakat mengenai perlunya tindakan lebih lanjut terhadap Korut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)