Apakah Hak Sejarah Israel Menjajah Palestina Bisa Dibenarkan? Ini Kata Para Pakar

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 05:45 WIB
loading...
Apakah Hak Sejarah Israel Menjajah Palestina Bisa Dibenarkan? Ini Kata Para Pakar
Seorang tentara Yahudi Israel berdoa sambil berdiri di atas tank, di perbatasan Jalur Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Hak sejarah Israel untuk menjajah Palestina adalah konsep yang kompleks dan kontroversial. Lantas pertanyaannya, apakah hak sejarah itu sah atau tidak?

Dalam kasus konflik Israel-Palestina, Israel mengklaim hak sejarah atas tanah Palestina berdasarkan Alkitab. Alkitab menyatakan tanah Palestina adalah tanah yang dijanjikan kepada umat Yahudi oleh Tuhan.

Namun, klaim ini ditentang oleh banyak orang, termasuk para sejarawan dan pakar hukum internasional. Mereka berpendapat klaim hak sejarah Israel tidak didukung oleh bukti sejarah yang kuat.

Menurut sejarawan, orang-orang Yahudi tidak pernah menjadi mayoritas di Palestina sebelum tahun 1948.

Mereka juga berpendapat orang Yahudi tidak pernah memiliki kedaulatan penuh atas wilayah tersebut.

Pakar hukum internasional juga berpendapat hak sejarah tidak dapat digunakan untuk membenarkan pendudukan atau penjajahan.

Mereka berpendapat pendudukan suatu negara atas wilayah lain tanpa persetujuan dari negara yang diduduki adalah pelanggaran hukum internasional.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan hak sejarah Israel atas tanah Palestina adalah klaim yang lemah. Klaim ini tidak didukung oleh bukti sejarah yang kuat dan bertentangan dengan hukum internasional.

Selain itu, tidak ada pembenaran yang sah secara kemanusiaan untuk menjajah orang lain. Penjajahan adalah pelanggaran hak asasi manusia yang menyebabkan penderitaan yang luar biasa bagi rakyat yang diduduki.

Oleh karena itu, pendudukan Israel atas tanah Palestina adalah tindakan yang tidak sah dan tidak adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)