Tolak Sebut Hamas Teroris, BBC Dilaporkan ke Komisi Penyiaran Inggris

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:23 WIB
loading...
A A A
BBC sendiri membenarkan penggunaan bahasanya atas nama ketidakberpihakan, dan menambahkan bahwa tugasnya menjelaskan secara tepat apa yang terjadi di lapangan sehingga pemirsa dapat membuat penilaian sendiri.

Direktur Kebijakan editorial BBC David Jordan mengatakan tidak menggunakan kata 'teroris' adalah kebijakan yang sudah berjalan lama dan teruji oleh waktu.

"Kami menyebut mereka sebagai pembantaian, kami menyebut mereka pembunuhan, kami menyebut mereka apa adanya dan hal itu sama sekali tidak merendahkan betapa buruknya apa yang sedang terjadi," dia menambahkan.

Sedangkan juru bicara BBC mengatakan: "Kami selalu menganggap serius penggunaan bahasa kami. Siapa pun yang menonton atau mendengarkan liputan kami akan mendengar kata 'teroris' digunakan berkali-kali – kami menghubungkannya dengan mereka yang menggunakannya, misalnya, Pemerintah Inggris."

"Ini adalah pendekatan yang telah digunakan selama beberapa dekade, dan sejalan dengan pendekatan yang dilakukan oleh lembaga penyiaran lainnya," sambungnya.



"BBC adalah lembaga penyiaran yang independen secara editorial dan bertugas menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi 'di lapangan' sehingga pemirsa kami dapat membuat penilaian sendiri," ujarnya.

Keputusan BBC mendapat dukungan dari sejumlah bintangnya, termasuk koresponden asing veteran perusahaan itu John Simpson, yang membela liputan tersebut dengan mengatakan menyebut seseorang sebagai teroris menunjukkan keberpihakan.

Melalui akun X, Simpson mengatakan politisi Inggris tahu betul mengapa mereka menghindari penggunaan kata teroris.

"Politisi Inggris tahu betul mengapa BBC menghindari kata 'teroris', dan selama bertahun-tahun banyak dari mereka yang secara pribadi menyetujuinya," tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)