Berkewarganegaraan Ganda, Menteri Australia Mengundurkan Diri

Selasa, 25 Juli 2017 - 16:46 WIB
Berkewarganegaraan Ganda, Menteri Australia Mengundurkan Diri
Berkewarganegaraan Ganda, Menteri Australia Mengundurkan Diri
A A A
SYDNEY - Seorang menteri Australia, Matthew Canavan, menjadi politisi ketiga yang terpaksa mengundurkan diri karena masalah kewarganegaraan ganda. Ia mengaku tidak mengetahui jika ibunya telah mengambil kewarganegaraan Italia untuknya saat berusia 25 tahun.

Politisi asal Australia tidak memenuhi syarat untuk dipilih menjadi anggota parlemen jika mereka memiliki kewarganegaraan ganda.

"Saya tidak tahu bahwa saya sendiri telah menjadi warga negara Italia atau saya meminta untuk menjadi warga negara Italia," kata Canavan kelahiran Australia, yang keluar dari jabatan utama menteri Sumber Daya dan Australia Utara seperti dikutip dari Reuters, Selasa (25/7/2017).

Australia secara ekonomi sangat bergantung pada ekspor sumber daya alamnya.

"Pada tahun 2006, ibuku mengajukan dokumen dengan konsulat Italia di Brisbane untuk menjadi warga negara Italia. Dengan berbuat demikian, tampaknya dia juga membuat sebuah aplikasi untuk saya menjadi warga negara Italia," jelas Canavan.

Canavan mengatakan bahwa dia berusia 25 tahun saat itu.

Dua anggota partai Hijau Australia juga dipaksa untuk mengundurkan diri bulan ini setelah terungkap bahwa seseorang memiliki kewarganegaraan Kanada dan lainnya kewarganegaraan Selandia Baru.

Canavan mengatakan bahwa dia tidak akan mengundurkan diri dari Parlemen karena dia belum mendapatkan nasehat hukum definitif apakah pemberian kewarganegaraan Italia, tanpa tanda tangan, pengetahuan atau persetujuannya, berlaku di bawah hukum Italia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7887 seconds (0.1#10.140)