8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima

Rabu, 11 Oktober 2023 - 01:20 WIB
loading...
8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima
Operasi Badai Al-Aqsa menjadi strategi Hamas paling sukses dalam sejarah. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Serangan hari Sabtu ini merupakan pelanggaran terburuk terhadap pertahanan Israel sejak tentara Arab mengobarkan perang pada tahun 1973. Israel mengakui pihaknya 'melakukan kesalahan' karena meremehkan kekuatan Hamas.

Israel terkejut dengan serangan Hamas yang hati-hati dan menghancurkan, dengan kekuatan militan menggunakan buldoser, pesawat layang gantung, dan sepeda motor melawan tentara paling kuat di Timur Tengah.

Serangan pada hari Sabtu adalah pelanggaran terburuk dalam pertahanan Israel sejak tentara Arab melancarkan perang pada tahun 1973.

“Ini adalah peristiwa 9/11 yang kami alami,” kata Mayor Nir Dinar, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). "Mereka menangkap kita."


Berikut adalah 8 strategi sukses Operasi Badai Al-Aqsa yang dilancarkan Hamas.

1. Hamas Memiliki Doktrin yang Berbeda dengan tentara Israel

8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima

Foto/Reuters

Michael Milshtein, mantan kepala intelijen urusan Palestina untuk IDF, mengatakan kepada Sky News: "Israel terkejut dua kali: pertama karena doktrin Hamas, yang sangat berbeda dari cara kita di Israel berpikir tentang strategi atau niatnya. Hamas; dan kedua, dari kemampuan organisasi ini."

Meskipun Israel diyakinkan bahwa Hamas hanya peduli terhadap lapangan pekerjaan bagi para pekerjanya, para pejuang kelompok tersebut dilatih dan dilatih, seringkali di depan mata, kata sebuah sumber yang dekat dengan Hamas kepada Reuters.

Puncaknya adalah para pejuang menyerbu kota-kota Israel, membunuh ratusan warga Israel dan menculik puluhan lainnya. Israel telah membunuh ratusan warga Palestina sebagai pembalasan.

Tiga sumber di lembaga keamanan Israel juga berbicara kepada kantor berita tersebut, menguraikan beberapa rincian di balik serangan itu.

2. Menggunakan Taktik Intelijen yang Menyesatkan Israel

8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima

Foto/Reuters

Kelompok Islam Palestina memberi kesan bahwa mereka belum siap berperang, kata sumber yang dekat dengan Hamas.

“Hamas menggunakan taktik intelijen yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyesatkan Israel selama beberapa bulan terakhir, dengan memberikan kesan publik bahwa mereka tidak bersedia melakukan perlawanan atau konfrontasi dengan Israel sambil mempersiapkan operasi besar-besaran ini,” kata sumber tersebut.

Israel mengaku terkejut dengan serangan yang terjadi bertepatan dengan hari Sabat Yahudi dan hari raya keagamaan.

3. Membangun Pemukiman yang Meniru Israel sebagai Tempat Pelatihan Pejuang

Hamas membangun pemukiman tiruan Israel di Gaza dan melakukan pendaratan militer.

Salah satu sumber mengatakan Israel "pasti melihat mereka" namun yakin kelompok tersebut tidak akan melakukan konfrontasi. Hamas meyakinkan Israel bahwa mereka lebih peduli bahwa para pekerja di Gaza memiliki akses terhadap pekerjaan di seberang perbatasan dan memberikan kesan bahwa mereka tidak tertarik untuk memulai perang baru.

“Hamas mampu membangun gambaran utuh bahwa mereka belum siap melakukan petualangan militer melawan Israel,” kata sumber itu.

Sejak perang dengan Hamas pada tahun 2021, Israel telah berupaya memberikan stabilitas ekonomi tingkat dasar dan menawarkan izin kerja bagi warga Gaza untuk mendapatkan pekerjaan di Israel dan Tepi Barat, di mana gajinya bisa mencapai 10 kali lipat.

“Kami percaya bahwa fakta bahwa mereka mulai bekerja dan membawa uang ke Gaza akan menciptakan tingkat ketenangan tertentu. Kami salah,” kata juru bicara militer Israel lainnya.

Sebagai bagian dari akal-akalannya dalam dua tahun terakhir, Hamas menahan diri dari operasi militer terhadap Israel, bahkan ketika kelompok bersenjata Islam lainnya yang berbasis di Gaza yang dikenal sebagai Jihad Islam melancarkan serangkaian serangan atau serangan roket.

4. Merahasiakan Serangan Operasi Badai Al-Aqsa kepada Para Pejuang Hamas

Para pejuang yang dikerahkan tidak tahu mengapa mereka dilatih menjelang akhir pekan, salah satu sumber juga mengklaim.

Beberapa pemimpin Hamas juga tidak menyadari rencana upaya untuk mengendalikan kebocoran, karena Israel telah lama bangga akan kemampuannya untuk menyusup dan memantau kelompok-kelompok Islam.

Di Tepi Barat, yang dikuasai Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan kelompok Fatahnya, ada pihak yang mengejek Hamas karena diam. Dalam salah satu pernyataan Fatah terbitkan pada bulan Juni 2022, kelompok tersebut menuduh para pemimpin Hamas melarikan diri ke ibu kota Arab untuk tinggal di "hotel dan vila mewah" sehingga meninggalkan rakyatnya dalam kemiskinan di Gaza.

5. Operasi Terdiri dari 4 Bagian

8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima

Foto/Reuters

Ketika harinya tiba, operasi tersebut dibagi menjadi empat bagian, kata sumber Hamas.

Yang pertama adalah rentetan 3.000 roket yang ditembakkan dari Gaza, sementara para pejuang menerbangkan pesawat layang gantung atau paralayang bermotor melintasi perbatasan.

Begitu para pejuang berada di darat, mereka mengamankan medan sehingga unit komando elit dapat menyerbu tembok elektronik dan semen yang dibangun oleh Israel untuk mencegah infiltrasi.

Para pejuang menggunakan bahan peledak untuk menerobos penghalang dan kemudian melaju dengan sepeda motor. Buldoser memperlebar jarak dan semakin banyak pesawat tempur yang masuk dengan kendaraan roda empat.

Sebuah unit komando kemudian menyerang markas tentara Israel di Gaza selatan dan menghentikan komunikasi untuk mencegah personel berbicara satu sama lain.

Tahap terakhir adalah pemindahan sandera ke Gaza, yang sebagian besar dilakukan pada awal serangan, kata sumber yang dekat dengan Hamas.

6. Memanfaatkan Serangan Gerilya

8 Rahasia Sukses Operasi Badai Al-Aqsa Masih Bertahan Mengguncang Israel pada Hari Kelima

Foto/Reuters

Berbicara mengenai operasi Hamas secara keseluruhan, Milshtein mengatakan: "Kami berbicara tentang salah satu langkah paling dramatis dalam sejarah konflik Palestina-Israel.

“Tidak diragukan lagi ini adalah invasi terberat dan terdalam yang dilakukan oleh kekuatan eksternal yang menentang wilayah Israel, ke wilayah Israel sejak tahun 1948.

“Dan menurut saya serangan ini, serangan brutal ala ISIS, juga melambangkan perkembangan Hamas dari sebuah organisasi teror, bahkan organisasi gerilya, menjadi kekuatan semi-militer yang jauh lebih rumit dan jauh lebih canggih dalam hal kekuatan mereka. kemampuan dan rencananya mengenai konflik dengan Israel."

7. Memanfaatkan Ketelodoran Israel yang Fokus di Tepi Barat

Sumber keamanan Israel mengatakan pasukan Israel berada di bawah kekuatan penuh di wilayah selatan dekat Gaza karena beberapa telah dikerahkan ke Tepi Barat untuk melindungi pemukim Israel menyusul gelombang kekerasan antara mereka dan militan Palestina.

“Mereka (Hamas) mengeksploitasi hal itu,” kata sumber itu.

Dennis Ross, mantan perunding Timur Tengah yang sekarang bekerja di Washington Institute for Near East Policy, mengatakan Israel telah terganggu oleh kekerasan di Tepi Barat, yang menyebabkan “kehadiran yang sedikit dan kurang siap di wilayah selatan”.

“Hamas mungkin berhasil melampaui ekspektasi mereka. Sekarang mereka harus berhadapan dengan Israel yang bertekad membinasakan mereka,” katanya.

8. Memanfaatkan Sistem Intelijen Israel yang Buruk

Pensiunan Jenderal Yaakov Amidror, mantan penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa serangan tersebut merupakan “kegagalan besar sistem intelijen dan aparat militer di selatan”.

Amidror, ketua Dewan Keamanan Nasional periode April 2011-November 2013 dan sekarang menjadi peneliti senior di Institut Strategi dan Keamanan Yerusalem mengatakan: "Kami melakukan kesalahan. Kami tidak akan melakukan kesalahan ini lagi dan kami akan menghancurkan Hamas, perlahan tapi pasti."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)