Profil Singkat 3 Ketua Umum Hamas, Salah Satunya Pernah Diracun Israel

Senin, 09 Oktober 2023 - 17:02 WIB
loading...
A A A
Pada tahun itu juga dirinya sempat menjadi target pembunuhan yang didalangi oleh Benjamin Netanyahu dan kabinet keamanannya, menurut Times Magazine.

Percobaan pembunuhan ini membuat Mashal terbaring sekarat di ranjang rumah sakit ketika racun mengalir melalui aliran darahnya, perlahan-lahan mematikan sistem pernapasannya.

Meski begitu, dirinya justru berhasil selamat, dan bahkan dinobatkan menjadi Ketua Umum Hamas di tahun 2007.

3. Mahmoud al-Zahar


Mahmoud al-Zahar yang lahir pada 6 Mei 1945, merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Kairo dan juga pemilik gelar master di bidang Bedah Umum dari Universitas Ain Shams, Kairo.

Profil Singkat 3 Ketua Umum Hamas, Salah Satunya Pernah Diracun Israel


Dari gelar dan pengetahuannya tersebut dimanfaatkannya untuk membantu mendirikan Masyarakat Medis Palestina. Dia juga merupakan salah satu pendiri utama Universitas Islam di Gaza pada tahun 1978.

Kepemimpinannya di Hamas sendiri dimulai sejak tahun 2006. Ketika Perang Gaza 2008-2009, al-Zahar sempat membuat kontroversi besar karena melaporkan, "Israel telah melegitimasi pembunuhan anak-anak mereka sendiri dengan membunuh anak-anak Palestina... Mereka telah melegitimasi pembunuhan anak-anak mereka."

Pernyataan yang tanpa bukti ini lantas membuatnya dianggap sebagai pemimpin yang "bejat" sebab secara luas mendukung pembunuhan anak.

Dari situ, pernyataannya lantas diralat oleh Basim Naim, menteri kesehatan di pemerintahan Hamas di Gaza.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)