Profil Singkat 3 Ketua Umum Hamas, Salah Satunya Pernah Diracun Israel

Senin, 09 Oktober 2023 - 17:02 WIB
loading...
Profil Singkat 3 Ketua Umum Hamas, Salah Satunya Pernah Diracun Israel
Pemimpin Hamas Ismail Abdel Salam Ahmed Haniyeh. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Hamas baru-baru ini telah melancarkan serangan ke Israel, membuat konflik antar kedua belah pihak kembali memanas.

Sebelumnya, para pemimpin HamasPalestina tersebut telah memperingatkan akan memulai serangan dari Gaza dan menyebar ke wilayah barat Yerusalem.

Serangan dari organisasi militan ini disebabkan oleh Israel yang dianggap telah menelantarkan dan tidak mengakui hak-hak rakyat Palestina.

Pemimpin Hamas bahkan menegaskan jika mereka tidak gentar meski Israel telah membangun hubungan diplomatik dengan Negara Arab lain.

Hamas, singkatan dari Harakat al-Muqawama al-Islamiyya merupakan organisasi militan dan politik Palestina.

Didirikan pada tahun 1987 selama Intifada Pertama (pemberontakan Palestina) melawan pendudukan Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Tujuan utama didirikannya Hamas oleh Sheikh Ahmed Yassin, Abdel Aziz al-Rantisi, dan aktivis Palestina lainnya, adalah untuk membebaskan Palestina dari cengkraman Israel serta untuk mendirikan negara Islam di wilayah tersebut.

Profil Singkat 3 Pemimpin Hamas


Sejak Hamas pertama kali didirikan oleh Sheikh Ahmed Yassin, telah ada tiga pemimpin yang cukup mencolok selama beberapa dekade terakhir.

Mereka adalah Ismail Haniyeh, Khaled Meshaal, dan Mahmoud al-Zahar. Berikut ini profil singkat dari ketiganya.

1. Ismail Haniyeh


Pria bernama lengkap Ismail Abdel Salam Ahmed Haniyeh ini adalah orang yang bertanggung jawab atas serangan Hamas di jalur Gaza baru-baru ini. Serangan itu disebutkan telah menghabisi nyawa ratusan warga sipil menurut Al Jazeera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)