Senjata Hamas untuk Serang Israel Diduga dari AS yang Dikirim ke Ukraina

Senin, 09 Oktober 2023 - 11:09 WIB
loading...
Senjata Hamas untuk Serang Israel Diduga dari AS yang Dikirim ke Ukraina
Beberapa senjata yang digunakan Hamas dalam Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel diduga berasal dari Amerika Serikat yang dikirim ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Beberapa senjata yang digunakan Hamas untuk Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel diduga berasal dari Amerika Serikat (AS) yang dikirim ke Ukraina.

Dugaan itu disampaikan Anggota Parlemen Partai Repulik Marjorie Taylor Greene pada hari Minggu.

Menurutnya, Washington harus bekerja sama dengan Israel untuk menyelidiki asal-usul persenjataan yang digunakan kelompok perlawanan Palestina tersebut.

Operasi Badai al-Aqsa, yang dimulai dengan tembakan ribuan roket dan disusul dengan penyusupan milisi bersenjata Hamas ke kota-kota Israel, dimulai sejak Sabtu dini hari.



Hingga kini, serangan besar Hamas itu telah menewaskan lebih dari 700 orang dan lebih dari 100 orang lainnya diculik.

Sebagai respons, militer Israel mengumumkan perang dengan nama sandi Operasi Pedang Besi. Sudah lebih dari 400 orang tewas di Gaza akibat serangan udara jet-jet tempur Israel.

Greene mengatakan ada beberapa senjata buatan AS yang digunakan Hamas, yang diduga berasal dari Ukraina atau pun Afghanistan.

“Kami perlu bekerja sama dengan Israel untuk melacak nomor seri senjata AS yang digunakan Hamas melawan Israel," tulis Greene di media sosial X, yang dikutip Senin (9/10/2023).

"Apakah mereka berasal dari Afganistan? Apakah mereka berasal dari Ukraina? Kemungkinan besar jawabannya adalah keduanya,” lanjut politisi perempuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)