Pemimpin Eropa Buat Klaim Sensasional tentang Mendiang Bos Wagner Prigozhin

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:33 WIB
loading...
A A A
Politisi oposisi yang dia maksud adalah Ilan Shor yang pro-Rusia, yang partainya memenangkan pemilihan gubernur regional pada bulan Mei.

Pemilihan gubernur pro-Moskow langsung dianggap curang oleh pemerintahan Sandu, dan partai Shor dilarang pada bulan berikutnya.

Moldova adalah bekas republik Soviet yang penduduknya terbagi antara mereka yang mendukung integrasi dengan tatanan Barat, dan mereka yang menginginkan hubungan lebih dekat dengan Moskow.

Partai Shor adalah partai terpopuler kedua di Moldova pada saat partai tersebut dilarang, dan pemerintahan Sandu sebelumnya dituduh mengarang tuduhan korupsi dan pengkhianatan terhadap lawan pro-Rusia lainnya, Igor Dodon.

“Sandu mendapat satu tugas dari mereka yang mengendalikannya dari luar negeri, untuk menjadikan Moldova bagian dari NATO,” ujar Dodon bulan lalu.

Peran Prigozhin dalam dugaan plot tersebut kemungkinan besar tidak akan pernah bisa dikonfirmasi.

Bos militer swasta dan beberapa tokoh tinggi Wagner lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat di Wilayah Tver Rusia pada tanggal 23 Agustus.

Penyebab insiden tersebut sedang diselidiki, dan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Agustus bahwa “kekejaman yang disengaja” tidak bisa dikesampingkan.

Pejuang Wagner pimpinan Prigozhin berperan penting dalam perebutan kota strategis Artyomovsk (Bakhmut) dari pasukan Ukraina pada Mei, meskipun dia tidak lagi disukai Kremlin setelah memimpin pemberontakan singkat melawan Kementerian Pertahanan Rusia pada Juni.

Setelah pemberontakan yang gagal, Prigozhin mengambil kesepakatan yang membuatnya diasingkan ke Belarusia bersama beberapa pasukannya, sementara sisanya berada di bawah komando militer Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)