Pemimpin Eropa Buat Klaim Sensasional tentang Mendiang Bos Wagner Prigozhin

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:33 WIB
loading...
Pemimpin Eropa Buat Klaim Sensasional tentang Mendiang Bos Wagner Prigozhin
Pemimpin Wagner Group Evgeny Prigozhin. Foto/REUTERS
A A A
CHISINAU - Mendiang pemimpin Wagner Group, Evgeny Prigozhin, berusaha mengobarkan kudeta di Moldova dengan tujuan menggulingkan pemerintah pro-Barat di negara tersebut.

Tudingan itu diungkap Presiden Moldova Maia Sandu. Sandu telah lama menuduh Rusia berusaha memecatnya dari jabatannya, sambil memimpin tindakan keras terhadap oposisi pro-Moskow.

“Informasi yang kami miliki adalah rencana yang disiapkan oleh tim (Prigozhin),” ujar Sandu dalam wawancara dengan Financial Times yang diterbitkan pada Jumat (6/10/2023).

Menurut Sandu, mendiang bos Wagner berencana mendorong protes anti-pemerintah menjadi “kekerasan,” tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Awal tahun ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim agen intelijennya telah mengungkap rencana Wagner menggulingkan Sandu dan menggantikannya dengan pemimpin yang setia kepada Rusia.

Sandu kemudian menyatakan pihak berwenang Moldova telah mengusir hampir 200 warga negara asing, termasuk salah satu anggota kelompok Wagner.

Selain tudingan Sandu dan Zelensky, tidak ada bukti rencana kudeta yang dipublikasikan.

Dalam wawancaranya dengan Financial Times, Sandu juga menuduh Rusia terlibat dalam skema menyuap anggota oposisi Moldova dengan kartu bank yang diterbitkan di Dubai.

“Mereka mencoba menggulingkan pemerintah dan gagal. Dan sekarang mereka mencoba melakukan campur tangan besar-besaran dalam pemilu kita, dengan menggunakan banyak uang,” papar dia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)