Jerman Siap Kirim Sistem Rudal Patriot Kedua ke Ukraina

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 01:42 WIB
loading...
Jerman Siap Kirim Sistem Rudal Patriot Kedua ke Ukraina
Jerman siap mengirim sistem rudal Patriot kedua ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
GRANADA - Jerman telah menjanjikan pasokan sistem rudal Patriot kedua untuk Ukraina. Tujuannya untuk membantu melindungi negara itu dari serangan rudal Rusia pada musim dingin.

Hal itu disampaikan Kanselir Jerman Olaf Scholz kepada wartawan pada hari Kamis setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin Eropa di Granada, Spanyol.

“Ini adalah langkah yang luas,” kata Scholz, seraya menambahkan bahwa paket tersebut akan tiba pada bulan-bulan musim dingin dan akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk memperkuat keamanan Ukraina.



Jerman memberi Ukraina sistem Patriot pertama pada bulan April dan sumbangan terbaru tersebut dijanjikan menyusul serangan dahsyat Rusia pada Kamis pagi di sebuah desa di Ukraina timur yang menewaskan lebih dari 50 warga sipil.

Pemerintah Spanyol menjanjikan enam sistem pertahanan udara tambahan Hawk.

“Patriot adalah satu-satunya sistem yang dapat menangani semua jenis rudal Rusia,” kata Zelensky kepada wartawan setelah bertemu dengan Scholz, yang dilansir Bloomberg, Jumat (6/10/2023).

Presiden Ukraina menekankan bahwa pertahanan udara adalah fokus dari semua pertemuan bilateralnya di Granada.

Jerman telah menjadi pendukung Ukraina yang paling dermawan di Eropa, memberikan miliaran euro bantuan keuangan dan kemanusiaan dan mengirimkan berbagai perlengkapan militer termasuk kendaraan tempur infanteri lapis baja, tank tempur Leopard, dan howitzer self-propelled.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)