Jenderal AS: Sistem Rudal Patriot di Ukraina Bikin Pilot Rusia Ketakutan

Sabtu, 10 Juni 2023 - 01:04 WIB
loading...
Jenderal AS: Sistem Rudal Patriot di Ukraina Bikin Pilot Rusia Ketakutan
Kepala Staf Angkatan Udara Amerika Serikat Jenderal C.Q. Brown sebut sistem rudal Patriot di Ukraina telah menakut-nakuti pilot jet tempur Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Kepala Staf Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) Jenderal C.Q. Brown mengatakan sistem pertahanan udara Ukraina pasokan Barat, termasuk sistem Patriot, telah menakut-nakuti pilot jet tempur Rusia.

Jenderal Brown menyampaikan penilaian yang suram tentang Angkatan Udara Kremlin saat berbicara di Mitchell Institute for Aerospace Studies.

Dia menggembar-gemborkan kemampuan Kyiv dalam menggunakan sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot yang telah disediakan AS dan negara-negara NATO lainnya, serta elemen pertahanan lainnya terhadap serangan udara pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin yang meningkat secara dramatis dalam beberapa minggu terakhir.

Meskipun sulit untuk diverifikasi secara independen, para pejabat Ukraina dan Barat telah menyatakan bahwa sistem Patriot dan perisai rudal lainnya telah berhasil bertahan melawan sebagian besar serangan drone, roket, dan rudal yang baru-baru ini diluncurkan pasukan Rusia di pusat kota dan pusat militer Kyiv. Bahkan Kyiv terkadang mengeklaim telah bertahan dengan melawan 100% dari serangan Moskow.



Brown, yang akan menjadi Ketua Kepala Staf Gabungan ketika Jenderal Angkatan Darat Mark Milley pensiun pada musim gugur, mengatakan kemampuan Ukraina untuk menggunakan sistem pertahanan tersebut dan memindahkannya dengan cepat merusak apa yang seharusnya menjadi komponen penting dari rencana militer Kremlin.

“Karena mobilitas itu dan mampu menembak jatuh UAV satu arah, menembak jatuh rudal jelajah, tetapi juga menembak jatuh pesawat, yang sebenarnya membuat pilot Rusia sedikit ketakutan,” kata Brown. "Dan, mereka cenderung tidak menjelajah ke lokasi," katanya lagi, seperti dikutip dari US News, Jumat (9/6/2023).

“Di situlah saya melihat aspek kekuatan udara berperan dalam serangan balasan,” lanjut Brown tentang rencana medan perang Ukraina yang tertunda.

“Itu menjaga kekuatan udara Rusia di belakang Ukraina dan memungkinkan mereka untuk mengeksekusi sedikit lebih baik berdasarkan kemampuan mereka menggunakan [sistem] pertahanan udara mereka untuk keuntungan mereka," paparnya.

Pemimpin militer AS jarang mengomentari secara spesifik kemampuan Ukraina dalam menghancurkan aset militer Rusia, termasuk pesawatnya, meskipun masalah yang diderita Kremlin menjadi lebih mencolok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)