Website NATO Serukan Persiapan Perang Nuklir Melawan Rusia

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 00:56 WIB
loading...
Website NATO Serukan Persiapan Perang Nuklir Melawan Rusia
Website NATO terbitkan artikel pensiunan pejabat Pentagon yang serukan blok tersebut bersiap perang nuklir melawan Rusia. Foto/Michael Peterson/US Air Force/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Website NATO telah menerbitkan sebuah artikel yang ditulis pensiunan pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS), yang menyerukan blok tersebut untuk berperang dan memenangkan perang nuklir terbatas melawan Rusia.

Jika AS dan China berselisih soal Taiwan, penulis mengeklaim bahwa perang besar-besaran di Eropa kemungkinan besar akan terjadi.

Artikel tersebut ditulis oleh Gregory Weaver, yang pernah menjabat sebagai penasihat utama pertahanan nuklir dan rudal di Kepala Staf Gabungan AS.

Di dalamnya, Weaver berpendapat bahwa, bertentangan dengan doktrin nuklir Moskow yang sudah lama ada, Rusia dapat menggunakan senjata nuklir taktis untuk mencegah kekalahan di medan perang atau membawa kemenangan cepat dalam konflik konvensional, seperti yang terjadi di Ukraina.



Dalam skenario seperti itu, para pemimpin militer Rusia akan berasumsi bahwa negara-negara Barat tidak akan memberikan tanggapan yang sama, karena khawatir bahwa situasi tersebut akan meningkat secara tidak terkendali hingga terjadinya pertempuran dalam skala besar antara AS dan Rusia.

Daripada takut terhadap perang nuklir, Weaver berpendapat bahwa negara-negara Barat harus menerimanya. "NATO harus melengkapi jet tempur dan kapal selamnya dengan senjata nuklir taktis untuk mencegah serangan taktis Rusia, dan meyakinkan para pemimpin Rusia bahwa NATO sepenuhnya siap untuk melawan penggunaan nuklir terbatas dengan respons nuklir kita yang efektif secara militer," tulis Weaver, yang dikutip pada Sabtu (7/10/2023).

Doktrin nuklir Rusia mengizinkan penggunaan senjata atom jika terjadi serangan nuklir pertama terhadap wilayah atau infrastrukturnya, atau jika keberadaan negara Rusia terancam oleh senjata nuklir atau konvensional. Posisi ini tidak berubah sejak tahun 2010, dan tidak terkecuali dalam penggunaan senjata nuklir taktis—yang kekuatannya jauh lebih lemah dibandingkan senjata nuklir strategis yang akan ditembakkan oleh NATO dan Rusia jika terjadi perang habis-habisan.

Terlepas dari pedoman yang jelas mengenai penggunaan senjata nuklir, Weaver mengeklaim bahwa Rusia dapat melancarkan serangan terhadap negara-negara NATO di Eropa jika AS sibuk memerangi China atas Taiwan, sebuah skenario yang dia anggap mungkin terjadi tanpa penjelasan lebih lanjut.

Untuk mengatasi hal ini, dia merekomendasikan agar NATO memindahkan kemampuan serangan yang lebih presisi ke Eropa. "Membentuk beberapa divisi lapis baja modern di negara-negara Baltik dan Eropa Timur, dan menekan anggota Eropa untuk memberikan kemampuan yang lebih konvensional, sementara AS mengirimkan mereka senjata nuklir taktis," lanjut Weaver.

Weaver tidak menyebutkan dampak perang nuklir terhadap negara-negara Eropa di mana konflik semacam itu akan terjadi.

Berbicara di Majelis Umum PBB di New York bulan lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memperingatkan bahwa para pemimpin Barat telah menjadi begitu terobsesi untuk menimbulkan “kekalahan strategis” terhadap Rusia sehingga mereka kehilangan “rasa mempertahankan diri.”
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)