Gertak Barat, Putin Bakal Uji Coba Senjata Nuklir

Sabtu, 30 September 2023 - 11:53 WIB
loading...
Gertak Barat, Putin Bakal Uji Coba Senjata Nuklir
Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporakan akan melakukan uji coba senjata nuklir setidaknya satu kali untuk menakut-nakuti Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Seorang sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin , Mikhail Kovalchuk, pada pertengahan minggu ini mengatakan Moskow akan melakukan setidaknya satu kali uji coba nuklir . Ia pun memberikan bocoran lokasi uji coba itu akan dilakukan.

Kovalchuk, seorang ahli fisika dan anggota kelompok elit yang dekat dengan Putin, mengusulkan pengujian senjata nuklir di lokasi uji coba nuklir Rusia di Novaya Zemlya, sebuah kepulauan di Samudra Arktik, "setidaknya sekali" untuk menakut-nakuti Barat.

Untuk diketahui, Uni Soviet melakukan uji coba nuklir pertamanya, ledakan bawah air, di Novaya Zemlya pada tahun 1955. Hingga tahun 1990, total 130 uji coba dilakukan di lokasi tersebut, termasuk peledakan senjata nuklir terbesar yang pernah diuji pada bulan Oktober 1961, Bom hidrogen Tsar Bomba 50MT AN602, menurut organisasi nirlaba Inisiatif Ancaman Nuklir.

Citra satelit baru yang diperoleh Middlebury Institute for International Studies yang berbasis di California dan dibagikan kepada Radio Free Europe/Radio Liberty minggu ini menunjukkan bahwa Rusia telah meningkatkan pembangunan secara signifikan di Novaya Zemlya sejak tahun 2021. Setidaknya ada dua bangunan baru di lokasi tersebut, sementara kapal dan kontainer pengiriman baru telah tiba di pelabuhannya, berdasarkan perbandingan citra yang diambil pada Juli 2021 dan Juni 2023.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga mengunjungi fasilitas tersebut pada bulan Agustus, kata para pejabat.



Kovalchuk, kepala pusat penelitian nasional Institut Kurchatov, dikutip oleh kantor berita pemerintah Rusia RIA Novosti mengatakan tindakan Barat terhadap Rusia menjadi semakin agresif, dan banyak ahli mengusulkan penyesuaian dasar-dasar kebijakan negara di bidang ini.

Kovalchuk mengatakan bahwa pada tahun 1961, Uni Soviet, sebagai tanggapan terhadap retorika Amerika Serikat, menguji bom nuklir yang kuat, setelah itu Amerika segera mulai bernegosiasi.

“Situasinya persis sama sekarang. Cukup melakukan tes di Novaya Zemlya… Setidaknya sekali. Dan semuanya akan beres,” tambah Kovalchuk seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (30/9/2023).

Kovalchuk adalah saudara dari kepala Bank Rossiya, Yury Kovalchuk, dan teman dekat Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)