Jilat Ludah Sendiri, Biden Tiru Trump Bangun Tembok Perbatasan AS?

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:49 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan telah berjuang secara operasional dan politik dengan rekor jumlah penyeberangan migran di perbatasan AS-Meksiko selama masa jabatan Biden dan mencapai angka tertinggi baru pada bulan September.

Biden awalnya berjanji untuk membatalkan banyak kebijakan imigrasi Trump, namun tetap menerapkan perintah kesehatan masyarakat era COVID yang dikenal sebagai Title 42, yang memungkinkan agen perbatasan mengusir migran ke Meksiko tanpa ada kesempatan untuk mencari suaka.

Ketika Title 42 berakhir pada 11 Mei tahun ini, pemerintahan Biden menggantinya dengan aturan baru yang ketat yang mengharuskan para migran membuat janji temu melalui aplikasi ponsel pintar yang dikelola pemerintah sebelum mendekati pelabuhan masuk yang sah atau menghadapi larangan suaka yang lebih ketat jika mereka melintasi perbatasan secara ilegal.

Jumlah anggota pada awalnya anjlok setelah pengumuman peraturan baru tersebut, namun dalam beberapa minggu terakhir jumlah tersebut mulai meningkat lagi, sebagian didorong oleh ribuan migran yang melarikan diri dari Venezuela.

Dalam tindakan penegakan hukum besar lainnya yang diumumkan pada hari Kamis, pejabat pemerintahan Biden mengatakan mereka akan melanjutkan penerbangan deportasi ke Venezuela, yang telah ditangguhkan karena hubungan dingin antara kedua negara.

Ratusan ribu warga Venezuela, banyak yang melarikan diri dari gejolak ekonomi dan politik di negaranya, telah berjalan kaki melalui kawasan hutan berbahaya antara Kolombia dan Panama yang dikenal sebagai Darien Gap untuk mencapai perbatasan AS-Meksiko dalam dua tahun terakhir.

Meningkatnya jumlah migran telah membebani kota-kota AS di perbatasan dan wilayah utara. Menurut Departemen Kehakiman AS, para pencari suaka dapat dibebaskan ke AS untuk mengajukan tuntutan mereka di pengadilan imigrasi di mana terdapat lebih dari 2 juta kasus yang menunggu keputusan, dan seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya.

Gubernur-gubernur Partai Republik di dekat perbatasan, yang mengatakan Biden tidak berbuat cukup untuk menghentikan penyeberangan, telah mengirim beberapa migran yang datang ke kota-kota yang dikuasai Partai Demokrat seperti New York dan Chicago, dan beberapa pemimpin Partai Demokrat di sana kini juga mengkritik Biden.

Wali Kota New York Eric Adams memulai perjalanan ke Meksiko, Kolombia dan Ekuador untuk memberitahu calon migran bahwa kotanya tidak dapat menampung mereka setelah sistem tempat penampungan setempat kewalahan.

Sekitar 11 juta imigran berada di AS tanpa dokumen resmi, menurut Institut Kebijakan Migrasi yang berbasis di Washington. Banyak dari mereka telah tinggal dan bekerja di negara ini selama bertahun-tahun atau puluhan tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)