Kenapa Ambisi Putin Akan Segera Terwujud? Berikut 5 Alasannya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 04:05 WIB
loading...
A A A
Pekan lalu, partai sayap kanan memenangkan pemilu di Slovakia setelah berjanji untuk mengakhiri dukungan terhadap Ukraina, yang berbatasan darat dengan Ukraina.

Di Jerman, partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman, atau AfD, yang para pemimpinnya telah lama membina hubungan dengan Rusia dan menentang bantuan Ukraina, memperoleh perolehan suara yang meningkat.

Bahkan jika dukungan Eropa tetap kuat, The Wall Street Journal pekan ini melaporkan sekutu Ukraina di Eropa akan berjuang untuk menutupi kekurangan bantuan AS yang berkurang.

Beberapa berita minggu ini menyampaikan variasi pada satu tema: sekutu Barat mengatakan bahwa mereka telah memberikan sebagian besar dari apa yang siap mereka berikan.


4. Harga Minyak dan Inflasi Naik

Kenapa Ambisi Putin Akan Segera Terwujud? Berikut 5 Alasannya

Foto/Reuters

Para analis mengatakan Putin telah lama bertaruh bahwa dukungan Barat terhadap Ukraina akan melemah karena tingginya harga bahan bakar dan inflasi yang didorong oleh perang terus melemahkan anggaran rumah tangga.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu, memperkirakan konflik ini bisa berlangsung hingga 2025, setahun setelah pemilihan presiden AS. Rusia tampaknya berkomitmen untuk jangka panjang.

Pejabat intelijen AS yang dikutip di The New York Times minggu ini mengatakan Putin melakukan yang terbaik untuk memperkuat sentimen anti-Ukraina, mempersiapkan kampanye disinformasi luas yang ditujukan ke AS.

George Beebe, mantan direktur unit analisis CIA di Rusia, mengatakan kepada Insider bahwa Putin bertaruh bahwa Ukraina kekurangan sumber daya dan dukungan untuk memenangkan perang gesekan dengan Rusia.

“Ada semakin banyak tanda-tanda bahwa dia benar. Ukraina tidak memenuhi target wajib militernya, perekonomiannya merosot karena beban perang, dan antusiasme Amerika dan Eropa untuk mempertahankan bantuan dalam jumlah besar kepada Ukraina semakin berkurang,” dia berkata.

5. Moral untuk Dukungan Ukraina Makin Melemah

Kenapa Ambisi Putin Akan Segera Terwujud? Berikut 5 Alasannya

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)