Kenapa Orang Singapura Enggan Memiliki Mobil? Biaya Sertifikat Kepemilikan Mencapai Rp1,2 Miliar

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 02:30 WIB
loading...
A A A
“Sebuah keluarga di Singapura rata-rata harus menabung bertahun-tahun hanya untuk membeli mobil guna membantu memenuhi kebutuhan mereka,” lanjut Wong, sambil menambahkan, “Saya tidak tahu apakah saya mampu mempertahankan mobil saya dalam jangka panjang.”

Bagi sebagian orang, pengumuman tersebut hanyalah pukulan finansial terbaru.



Penduduk setempat mengatakan bahwa hidup di Singapura, yang sudah menempati peringkat kota termahal di dunia, menjadi sangat mahal dalam beberapa tahun terakhir di tengah inflasi yang terus-menerus, meningkatnya biaya perumahan umum, dan melambatnya perekonomian.

Namun para pendukung sistem kuota mengatakan sistem ini telah membantu Singapura terhindar dari kemacetan yang biasa terjadi di ibu kota Asia Tenggara lainnya seperti Bangkok, Jakarta dan Hanoi.

Mereka yang tidak mampu membeli Certificate of Entitlement juga dapat memanfaatkan sistem transportasi umum Singapura yang luas, seperti yang mereka sebutkan.

Jika tidak, ada pilihan untuk mendapatkan sepeda motor – izinnya relatif murah yaitu USD7.930.

Melansir Reuters, melonjaknya harga mobil membuat mobil jauh dari jangkauan sebagian besar masyarakat kelas menengah Singapura, sehingga melemahkan apa yang disebut oleh sosiolog Tan Ern Ser sebagai “Impian Singapura” berupa mobilitas sosial ke atas – yaitu memiliki uang tunai, kondominium, dan mobil.

Warga Singapura terpukul oleh inflasi yang terus-menerus dan perlambatan ekonomi, dan beberapa di antara mereka menjual mobil yang mereka beli ketika harga COE sedang rendah untuk mendapatkan keuntungan.

“Ada kebutuhan untuk menurunkan aspirasi seseorang dari mencapai ‘kehidupan yang baik’ menjadi ‘kehidupan yang cukup baik’,” kata Tan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)