5 Keunggulan Kapal Selam Tipe-093 Bertenaga Nuklir yang Tenggelam

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 03:03 WIB
loading...
5 Keunggulan Kapal Selam Tipe-093 Bertenaga Nuklir yang Tenggelam
Kapal selam Tipe-093 menjadi andalan utama bagi China. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Kebijakan luar negeri China menjadi lebih tegas. Itu didukung dengan kehadiran banyak kapal selam bertenaga nuklir yang menjadi kekuatan China.

Salah satu kapal selam andalan China adalah Tipe-093 yang dikabarkan tenggelam. Klaim itu diungkapkan intelijen Inggris. Namun, China menolak memberikan keterangan lebih detail.

Kapal selama Tipe-093 menunjukkan China semakin ingin menunjukkan keperkasaannya. Kehadiran angkatan laut mereka yang semakin meningkat di Laut China Selatan ditambah dengan pangkalan-pangkalan baru di luar negeri untuk meningkatkan jangkauan mereka.

Ini terjadi di Djibouti di Tanduk Afrika, di Kamboja, dan mungkin di masa depan di Pakistan. Hal ini sesuai dengan potensi titik nyala di mana China dapat berbenturan dengan angkatan laut lain, seperti Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik, dan Samudera Hindia.

Tanda-tanda nyata dari perluasan angkatan laut termasuk kapal induk baru, kapal induk serbu, kapal penjelajah, dan kapal perusak. Dan yang mendasari semua itu adalah sesuatu yang tidak terlihat: kapal selam yang semakin kuat.

Berikut adalah 5 keunggulan kapal selama Tipe-093 milik China.

1. Kapal Selam Paling Modern

5 Keunggulan Kapal Selam Tipe-093 Bertenaga Nuklir yang Tenggelam

Foto/china military

Melansir Naval News, armada kapal selam China yang paling modern saat ini adalah Kelas Shang-II Type-093A (alias 09-IIIA).

Kapal bertenaga nuklir berkapasitas 7.000 ton ini kira-kira berukuran sama dengan Kelas Astute Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Faktanya, dari segi ukuran, kapal ini berada di antara Kelas Suffren Angkatan Laut Prancis terbaru dan Kelas Virginia Angkatan Laut AS.

2. Ukurannya Besar dan Memiliki Mode SIluman

Ukurannya yang relatif besar mungkin memberikan lebih banyak ruang untuk fitur pengurangan kebisingan. Siluman akustik adalah salah satu atribut paling berharga dari kapal selam modern.

Keheningan desain adalah informasi rahasia, namun kita dapat berasumsi bahwa mereka menjadi semakin tersembunyi.


3. Dilengkapi 22 Torpedo

5 Keunggulan Kapal Selam Tipe-093 Bertenaga Nuklir yang Tenggelam

Foto/military today

Namun, diperkirakan muatan 22 senjata seukuran torpedo lebih sedikit dibandingkan kapal-kapal tersebut, meskipun mendekati Kelas Suffren yang lebih kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)