Jadi Sumber Masalah Keamanan, Pakistan Usir 1,7 Juta Pengungsi Afghanistan

Kamis, 05 Oktober 2023 - 02:27 WIB
loading...
A A A
"Namun 1,7 juta orang lainnya berada di negara tersebut secara ilegal," kata Bugti.

Dia mengatakan orang-orang tersebut harus meninggalkan negaranya pada akhir bulan ini – baik secara sukarela atau melalui deportasi paksa.

"Jika mereka tidak pergi... maka semua lembaga penegak hukum di provinsi atau pemerintah federal akan digunakan untuk mendeportasi mereka," katanya menurut laporan media pemerintah. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana operasi tersebut akan dilakukan.

Dia juga mengumumkan satuan tugas yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyita bisnis swasta dan aset warga Afghanistan “ilegal” di negara tersebut.

Sementara itu, Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintahan Taliban di Kabul mengungkapkan, pengungsi Afghanistan tidak terlibat dalam masalah keamanan Pakistan.

“Selama mereka meninggalkan Pakistan secara sukarela, negara itu harus menoleransi mereka,” kata Mujahid di X, sebelumnya Twitter.

Para pejabat Afghanistan di Pakistan mengatakan pihak berwenang setempat sudah mulai mengumpulkan warga Afghanistan – baik mereka yang berstatus hukum maupun yang tidak memiliki status hukum untuk tetap tinggal di sana.

Dalam sebuah pernyataan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, kedutaan besarnya mengatakan lebih dari 1.000 warga Afghanistan telah ditahan dalam dua minggu terakhir.

Provinsi Balochistan dekat perbatasan Pakistan merupakan wilayah yang sering menjadi sasaran serangan pejuang bersenjata termasuk Tehrik-e Taliban Pakistan (TTP) atau Taliban Pakistan, dan kelompok militan ISIS.

Awal bulan ini, sedikitnya 11 orang – termasuk seorang pemimpin Muslim terkemuka – terluka dalam ledakan di distrik yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)