5 Alasan Azerbaijan Mampu Mengalahkan Armenia, Salah Satunya Menggunakan Drone dan Rudal Israel

Kamis, 05 Oktober 2023 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Namun hubungan mereka lebih dari sekadar senjata dan amunisi: angka-angka OEC menunjukkan bahwa Israel membeli 65% minyak mentahnya dari Azerbaijan pada tahun 2021. Negara-negara tersebut juga diyakini berbagi informasi intelijen mengenai Iran, musuh bebuyutan Israel, yang berbatasan dengan Azerbaijan dan memiliki hubungan yang sama. populasi etnis Azeri yang besar dan merupakan minoritas terbesar di negara tersebut.

Azerbaijan juga dilaporkan mengizinkan agen mata-mata Israel, Mossad, menggunakannya sebagai pusat untuk memata-matai Iran.

Menurut Efraim Inbar, pakar hubungan Israel-Azerbaijan dan presiden Institut Strategi dan Keamanan Yerusalem, hubungan antara keduanya semakin kuat sejak tahun 2020.

“Penjualan minyak dan senjata terus berlanjut. Azerbaijan merasakan tekanan yang lebih besar dari Iran yang posisi internasionalnya membaik,” kata Inbar kepada CNN melalui email. “Tidak ada simpati yang besar (di Israel) terhadap Armenia yang dipandang sebagai sekutu Iran.”

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Jerusalem Post, duta besar Armenia untuk Israel mengatakan senjata Israel ditembakkan ke “warga sipil yang damai” meskipun masyarakat sipil Israel “sangat pro-Armenia dalam kasus Nagorno-Karabakh dan pengakuan atas genosida Armenia.”

4. Menggunakan Rudal Buatan Israel

5 Alasan Azerbaijan Mampu Mengalahkan Armenia, Salah Satunya Menggunakan Drone dan Rudal Israel

Foto/Reuters

Namun hanya ada sedikit oposisi politik di negara tersebut yang menjual senjata ke Azerbaijan, kata Inbar.

“Penjualan senjata tidak mendapat banyak publisitas,” tambahnya. “Namun, kontribusi drone Israel terhadap perang Azerbaijan sudah diketahui dengan baik. Israel bangga dengan persenjataan mereka. Penjualan senjata dianggap baik bagi Israel.”

Namun meskipun visibilitasnya tinggi di Karabakh, peran drone tidak boleh menutupi peran senjata Israel lainnya, menurut Nersisyan, analis pertahanan di APRI Armenia.

“Orang-orang menganggapnya sebagai senjata super,” katanya. “Tentu saja itu sangat penting, tapi ada peran senjata jenis lain.”

Diantaranya adalah rudal LORA Israel, yang pertama kali dibeli Azerbaijan dari Israel pada tahun 2017 menurut SIPRI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)