5 Fakta 2 Partai Separatis Catalonia yang Mengguncang Politik Spanyol

Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Sebagai pemimpin PdeCat, Puigdemont mendukung Sanchez dalam mosi percaya terhadap Rajoy, namun tidak lagi mendukungnya sejak saat itu. Junts mengambil sikap yang lebih keras terhadap independensi dibandingkan ERC.

3. Tetap Menuntut Kemerdekaan Catalonia

5 Fakta 2 Partai Separatis Catalonia yang Mengguncang Politik Spanyol

Foto/Reuters

ERC telah menyerukan pembicaraan lebih lanjut mengenai “konflik politik” mengenai kemerdekaan dan menginginkan konsesi termasuk memotong kontribusi kawasan terhadap keuangan publik nasional dan mengambil kendali atas layanan kereta api lokal.

Junts menginginkan amnesti bagi mereka yang terlibat dalam upaya kemerdekaan, termasuk Puigdemont dan para pemimpin lain yang tinggal di pengasingan serta lebih dari 1.000 politisi, pejabat, dan aktivis yang telah dihukum atau sedang menghadapi proses pengadilan.

Puigdemont juga menginginkan mekanisme mediasi dan pemantauan untuk memverifikasi implementasi kesepakatan amnesti, dengan mengatakan bahwa dia tidak mempercayai kaum Sosialis.

Kedua partai juga telah berbicara tentang kemungkinan referendum kemerdekaan Catalonia lagi, setelah pemungutan suara terakhir pada tahun 2017 dinyatakan ilegal oleh pengadilan.

Dalam beberapa bulan terakhir, mereka telah berhenti menuntut hal tersebut secara terbuka sebagai prasyarat untuk perundingan. Namun parlemen regional mengeluarkan sebuah resolusi pada hari Jumat yang mengatakan mereka tidak akan mendukung penobatan kecuali pemerintah baru berkomitmen untuk “menciptakan kondisi” untuk pemungutan suara tersebut.

4. Tetap Optimistis meski Dukungan Kemerdekaan Menurun

5 Fakta 2 Partai Separatis Catalonia yang Mengguncang Politik Spanyol

Foto/Reuters

Dukungan terhadap kemerdekaan merosot tajam pada tahun 2017 setelah Spanyol memberlakukan pemerintahan langsung dari Madrid dan Sanchez mengurangi permusuhan dengan membuka saluran komunikasi dan memberikan konsesi yang signifikan kepada gerakan pro-kemerdekaan.

Sebuah survei yang diterbitkan pada bulan Juli oleh Catalan Center for Public Opinion, yang dioperasikan oleh pemerintah daerah, menemukan bahwa 42% mendukung kemerdekaan dibandingkan dengan 49% yang mendukung dibandingkan dengan 43% yang menentang pada puncak krisis pada tahun 2017. Namun, 81% masyarakat Catalonia mengatakan bahwa mereka mendukung kemerdekaan. lembaga survei yang sama pada tahun 2022 bahwa mereka berhak memilih kemerdekaan dalam referendum.

Mendinginnya semangat kemerdekaan tercermin dari kinerja partai-partai pro-kemerdekaan pada pemilu nasional bulan Juli lalu. Representasi ERC turun dari 13 kursi menjadi tujuh sementara Junts turun satu kursi menjadi tujuh. ERC dan Junts kehilangan 550.000 suara dibandingkan pemilu sebelumnya pada tahun 2019.

5. Terus Memainkan Skenario Penting dalam Politik Spanyol

5 Fakta 2 Partai Separatis Catalonia yang Mengguncang Politik Spanyol

Foto/Reuters

Firma konsultan politik Teneo memperkirakan terdapat 60% peluang tercapainya kesepakatan, dan 35% kemungkinan terulangnya pemilu pada pertengahan Januari jika tidak tercapai kesepakatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)