Ribut dengan China, Filipina dan AS Latihan Perang Gabungan

Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:39 WIB
loading...
A A A
Beijing telah mengerahkan kapal patroli dalam beberapa pekan terakhir yang menurut Manila mengganggu kapal Coast Guard dan nelayan Filipina di wilayah yang disebut sebagai Laut Filipina Barat.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos bulan lalu memerintahkan operasi khusus di mana personel Coast Guard memotong tali yang mengikat penghalang terapung di Scarborough Shoal yang dikuasai China.

Manila mengatakan penghalang tersebut telah mencegah nelayan Filipina memasuki kawasan terumbu karang yang kaya akan ikan, yang direbut China pada tahun 2012.

Beijing menanggapinya dengan memperingatkan Manila "untuk tidak memprovokasi atau menimbulkan masalah" dan menyatakan kembali kedaulatan dan hak maritimnya atas apa yang mereka sebut Pulau Huangyan.

Komandan Angkatan Laut Filipina Laksamana Toribio Adaci mengatakan; "Latihan perang Samasama memperlengkapi kita untuk menghadapi serangkaian ancaman bersama-sama."

Para pejabat Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS Dewey akan mengambil bagian dalam latihan perang selama 12 hari ke depan, bersama dengan kapal amunisi kargo kering dan pesawat pengintai maritim P-8 Poseidon.

Fregat berpeluru kendali Angkatan Laut Filipina juga akan berpartisipasi, bersama dengan kapal perusak Pasukan Bela Diri Maritim Jepang dan fregat Angkatan Laut Kerajaan Kanada HMCS Vancouver.

Inggris, Jepang, Kanada, Perancis, dan Australia juga mengirimkan personel untuk melakukan "latihan meja" sebagai bagian dari latihan tersebut, sementara Selandia Baru dan Indonesia mengirimkan pengamat.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)