Drone-drone Ukraina Bombardir Pabrik Rudal Jelajah Rusia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 05:37 WIB
loading...
Drone-drone Ukraina Bombardir Pabrik Rudal Jelajah Rusia
Drone-drone Ukraina bombardir pabrik rudal jelajah Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Sebuah pabrik yang memproduksi rudal jelajah Kh-59 di Rusia barat dihantam oleh beberapa drone Ukraina selama akhir pekan lalu. Hal itu diungkapkan Direktorat Utama Intelijen Ukraina (GUR) pada hari Senin.

"Tiga dari empat pesawat tak berawak menyerang Pabrik Penerbangan Smolensky pada hari Minggu, menyebabkan kerusakan signifikan dan mengganggu produksi roket," kata GUR dalam sebuah pernyataan di saluran Telegramnya seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (3/10/2023).

Kota Smolensk terletak sekitar 400 kilometer sebelah barat Moskow, dekat perbatasan Rusia dengan sekutunya Belarus.

GUR menambahkan bahwa rudal Kh-59 adalah salah satu rudal yang paling sering digunakan Angkatan Udara Rusia untuk menembak sasaran militer dan sipil di Ukraina.



Sekitar jam 9 pagi pada hari Minggu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa sistem pertahanan udara menghancurkan tiga drone Ukraina di atas wilayah Smolensk. Tak lama kemudian, dikatakan bahwa dua drone lainnya dihancurkan di wilayah tersebut.

“Angkatan Bersenjata Ukraina telah mencoba melakukan beberapa serangan teroris di wilayah Smolensk menggunakan UAV. Secara total, 5 kendaraan udara tak berawak jenis pesawat berhasil dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara dan peperangan elektronik Kementerian Pertahanan di wilayah Smlensk dan sekitarnya,” kata Vasily Anokhin, penjabat gubernur Smolensk di saluran Telegramnya pada hari Minggu.

“Tidak ada korban jiwa atau kerusakan. Layanan darurat tersedia di lokasi,” tambahnya.

Kyiv Independent pada hari Minggu melaporkan bahwa pabrik rudal tersebut dioperasikan oleh perusahaan Persenjataan Rudal Taktis milik negara Rusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)