Terungkap, Iran Terlibat Bom Beirut yang Tewaskan 241 Tentara AS

Senin, 02 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Tabatabai juga mengatakan selama wawancara, “Dengan kemenangan Revolusi Islam [di Iran], Hizbullah didirikan [pada musim panas 1982]. Selama dua tahun, pangkalan militer [Hizbullah] berlokasi di rumah saya. 'Kelompok' [pendukung Revolusi Islam] menandatangani kontrak yang menyatakan kesediaan mereka untuk menjadi martir. Mungkin lebih dari 70 [dari mereka] menandatangani kontrak ini di rumah saya."

Arti penting Tabatabai bagi eselon tertinggi rezim Iran baru-baru ini terlihat di situs berbahasa Inggris Kementerian Luar Negeri Iran. Sebuah entri menunjukkan pertemuan Tabatabai dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian.

"Amir-Abdollahian menyoroti dukungan dan kontribusi signifikan [Sayyed] Issa Tabatabai untuk meningkatkan posisi 'perlawanan' di Lebanon, kawasan ini, dan dunia Islam," bunyi teks Kementerian Luar Negeri Iran.

Michael Rubin, pakar Iran di American Enterprise Institute, mengatakan kepada Fox News Digital, "Amerika telah mengejutkan baik warga Iran maupun korban terorisme Iran dengan tindakan diplomatis yang dilakukan untuk menghindari pertanggungjawaban Iran. Kini setelah perwakilan pemimpin tertinggi mengakui, pertanyaannya adalah: (1) Akankah warga Amerika yang membawa air untuk terorisme Iran meminta maaf? (2) Akankah Iran membayar kompensasi kepada para korban teror mereka? Jika [Presiden Joe] Biden memberi harga USD6 miliar kepada lima orang Amerika, AS harus menuntut setidaknya USD6 miliar. USD289,2 miliar dari Iran hari ini."

Rujukan Rubin kepada orang Amerika yang diduga membantu terorisme Iran mencakup tuduhan bahwa orang Amerika keturunan Iran, salah satunya bekerja di Departemen Pertahanan, terlibat dalam lobi asing untuk Republik Islam Iran.

Departemen Luar Negeri AS telah mengklasifikasikan rezim Iran sebagai negara sponsor terorisme internasional yang paling buruk.

Pengungkapan MEMRI dapat menyebabkan tuntutan hukum baru terhadap rezim Iran atas perannya dalam pembunuhan ratusan personel militer dan diplomatik penting Amerika.

Menurut MEMRI, "Iran selalu menyangkal dengan keras peran apa pun dalam pengeboman tersebut. Iran tidak mengajukan pembelaan dalam menanggapi tuntutan hukum AS pada tahun 2001 yang diajukan oleh keluarga dari ratusan warga Amerika yang tewas atau terluka dalam pengeboman barak."

Fox News Digital melaporkan pada tahun 2016 bahwa keputusan Mahkamah Agung AS mengizinkan keluarga korban pemboman tahun 1983 di Lebanon dan serangan terkait rezim Iran lainnya untuk mengumpulkan hampir USD2 miliar dana beku dari Iran.

Banafsheh Zand, seorang pakar rezim Iran-Amerika, mengatakan kepada Fox News Digital, "Pengakuan Issa Tabatabai adalah tanda perpecahan serius di kalangan petinggi rezim. Tidak ada seorang pun di kalangan ulama atau Garda Revolusi yang mau mengaku melakukan tindakan seperti itu kecuali pertikaian di antara pimpinan mafia Syiah semakin meningkat. Agar Tabatabai mengakui dan bertanggung jawab atas tindakan teror yang mengerikan itu, dia harus yakin bahwa atasannya tidak akan atau tidak bisa menghukumnya, jika tidak, dia akan menanggung akibatnya sendiri—disensor dan melewatkan detail utama."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)