Apa Itu El Nino, Biang Kerok Cuaca Panas Menyengat Pulau Jawa

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:15 WIB
loading...
A A A
El Niño merupakan salah satu fase positif dari ENSO, sementara fase negatifnya disebut La Niña.

El Niño terjadi ketika suhu permukaan laut di Samudra Pasifik tengah dan timur lebih hangat dari biasanya. Ini dapat memiliki efek yang signifikan pada cuaca di berbagai belahan dunia.

Beberapa Dampak yang Dikaitkan dengan El Niño

1. Peningkatan Suhu Global

El Niño dapat menyebabkan peningkatan suhu rata-rata global karena pelepasan energi panas dari laut yang lebih hangat.

2. Gangguan Pola Cuaca

El Niño dapat mengganggu pola cuaca alamiah di banyak daerah. Ini dapat menyebabkan banjir, kekeringan, dan badai yang lebih kuat di beberapa tempat, sementara di tempat lain dapat menyebabkan cuaca yang lebih kering dan panas.

3. Peningkatan Badai Tropis

El Niño dapat menyebabkan peningkatan aktivitas badai tropis di Samudra Pasifik timur, termasuk peningkatan intensitas dan jumlah badai.

4. Peningkatan Suhu Air Laut

El Niño dapat memengaruhi ekosistem laut dengan meningkatkan suhu air laut, yang dapat berdampak buruk pada kehidupan laut, termasuk terumbu karang.

5. Gangguan Pertanian dan Ekonomi

Perubahan dalam pola cuaca yang disebabkan oleh El Niño dapat berdampak negatif pada pertanian dan sektor ekonomi lainnya di berbagai wilayah, terutama yang tergantung pada pola cuaca yang stabil.

Sebaliknya, fase La Niña adalah ketika suhu permukaan laut di wilayah tersebut lebih dingin dari biasanya dan memiliki efek cuaca yang berlawanan dengan El Niño, seperti banjir yang lebih sering terjadi di beberapa daerah.

El Niño dan La Niña merupakan fenomena alamiah yang terjadi secara periodik dan memainkan peran penting dalam memahami dan meramalkan cuaca global. Penelitian ilmiah terus dilakukan untuk memahami dengan lebih baik mekanisme dan dampak dari fenomena ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)