Persenjataan Berat NATO Tidak Dirancang untuk Melawan Rusia

Sabtu, 30 September 2023 - 03:03 WIB
loading...
Persenjataan Berat NATO Tidak Dirancang untuk Melawan Rusia
Ukraina Ukraina yang merupakan bantuan NATO dihancurkan oleh Rusia. Foto/RT
A A A
KIEV - Beberapa senjata berat modern milik Barat tidak cocok untuk konflik di Ukraina karena rancangan senjata tersebut telah dibentuk oleh pertempuran selama beberapa dekade yang melibatkan lawan yang jauh lebih lemah. Demikian yang dilaporkan Wall Street Journal.

“Banyak kendaraan lapis baja Barat tidak berfungsi di sini karena diciptakan bukan untuk perang habis-habisan, melainkan untuk konflik dengan intensitas rendah atau menengah,” kata Taras Chmut, promotor perang drone asal Ukraina, kepada Wall Street Journal. “Jika Anda melakukan serangan massal, itu tidak akan berhasil.”

Pendapatnya adalah salah satu dari beberapa pendapat yang dikutip oleh WSJ, yang menyatakan bahwa prevalensi drone murah di Ukraina telah berdampak besar pada pertempuran sehingga pendekatan yang diusung NATO tidak dapat berhasil di sana.

AS dan sekutunya telah melatih puluhan ribu tentara Ukraina selama bertahun-tahun. Musim panas ini, mereka memperkirakan Ukraina akan menggunakan keterampilan dan senjata Barat mereka dan menembus garis pertahanan Rusia di selatan garis depan.

Jenis manuver senjata gabungan yang dianjurkan Washington pada prinsipnya mungkin tidak lagi mungkin dilakukan. Drone dengan cepat mendeteksi kekuatan signifikan apa pun dan memicu kebakaran. Dan varian kamikaze mampu melumpuhkan sistem senjata yang jauh lebih mahal.

Chmut, pengelola Come Back Alive-nya mengumpulkan dana untuk pengadaan drone bagi militer Ukraina, mengatakan negara-negara Barat akan lebih baik menyediakan sistem yang lebih murah dan sederhana dalam jumlah yang lebih besar.



Keluhan serupa dari Ukraina mengenai asumsi NATO juga diterbitkan oleh Le Monde pada hari Rabu. Surat kabar Perancis tersebut mewawancarai pasukan garis depan tentang manfaat – atau kekurangan – dari pelatihan yang mereka terima dari pendukung asing.

Salah satu anekdot yang disebutkan oleh Le Monde menyatakan bahwa rekrutan terlatih Jerman harus dipulangkan, karena dia hanya tahu cara mengoperasikan formasi kolom. Kiev berhenti menggunakan senjata ini setelah menderita kerugian besar dalam serangan awal melawan Rusia pada bulan Juni.

“Saya berulang kali mengatakan kepada mereka bahwa pedoman NATO tidak berlaku di Ukraina,” kata seorang tentara tentang pelatihannya di Inggris. “Jawaban mereka adalah begitulah adanya, semuanya sudah ditentukan sebelumnya.”

“Prajurit kami lebih berpengalaman dibandingkan mereka yang seharusnya melatih mereka. Banyak dari mereka telah berjuang selama sepuluh tahun,” kata yang lain. “Kita masih jauh dari standar NATO.”

Kiev menyalahkan kurangnya dukungan Barat sehubungan dengan serangan balasan musim panas sebagai penyebab buruknya hasil yang dicapai sejauh ini. Para pejabat AS yang dikutip oleh media berpendapat bahwa Kiev membuang-buang sumber daya secara tidak perlu, menolak memusatkan kekuatan untuk melakukan serangan yang menentukan, dan terlalu enggan menimbulkan korban jiwa.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)