Peretas China Curi 60.000 Email dari Departemen Luar Negeri AS

Kamis, 28 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
Peretas China Curi 60.000 Email dari Departemen Luar Negeri AS
Peta China dilihat dengan kaca pembesar di atas layar komputer. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Puluhan ribu pesan dicuri dari Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) dalam serangan siber besar-besaran awal musim panas ini, menurut seorang staf Senat kepada Politico.

Peretasan tersebut dikatakan menargetkan kepala perdagangan AS dan diplomat utama Washington di China, Duta Besar Nicholas Burns.

Para pejabat Departemen Luar Negeri AS memberikan rincian baru mengenai pelanggaran tersebut dalam pengarahan tertutup pada Rabu (27/9/2023).

“Mereka mengatakan sebagian besar dari sepuluh akun email pemerintah yang terkena dampak adalah milik orang-orang yang bekerja dalam upaya diplomatik Indo-Pasifik,” ungkap Politico, mengutip seorang staf yang tidak disebutkan namanya untuk Senator Partai Republik Eric Schmitt.

“Di antara informasi paling sensitif yang dicuri, menurut staf tersebut, adalah rencana perjalanan dan pertimbangan diplomatic para korban,” papar outlet tersebut, mencatat sepuluh nomor Jaminan Sosial berpotensi diakses selama peretasan tersebut.

Serangan siber ini pertama kali dilaporkan pada Juli oleh Microsoft, yang menyalahkan “aktor ancaman yang berbasis di China” yang diduga didukung pemerintah di Beijing.

Dalam postingan blog yang diterbitkan pada saat itu, perusahaan tersebut juga mengatakan para peretas memiliki “tujuan spionase”, namun menyatakan kesimpulannya dibuat dengan “keyakinan yang moderat.”



Sebanyak 25 entitas dikatakan menjadi sasaran peretasan bulan Juni, di antaranya adalah Departemen Luar Negeri AS dan lembaga pemerintah lainnya.

Ratusan ribu dokumen mungkin terlibat dalam pelanggaran ini, termasuk sekitar 60.000 dokumen dari Departemen Luar Negeri saja, menurut staf tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)