Militer Korsel Temukan Drone Korut di Dekat Perbatasan

Sabtu, 10 Juni 2017 - 04:31 WIB
Militer Korsel Temukan Drone Korut di Dekat Perbatasan
Militer Korsel Temukan Drone Korut di Dekat Perbatasan
A A A
SEOUL - Sebuah benda terbang yang diyakini sebagai pesawat tak berawak dari Korea Utara (Korut) ditemukan di daerah pegunungan dekat perbatasan timur Korea. Demikian pernyataan pihak militer Korea Selatan (Korsel).

"Objek yang ditemukan di bukit di Inje, provinsi Gangwon itu serupa dengan ukuran dan bentuk pesawat tak berawak Korut yang terlihat pada bulan Maret 2014 di Pulau Baenyeong dekat perbatasan barat," menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (10/6/2017).

JCS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah analisis terperinci akan dilakukan oleh instansi terkait.

Menurut laporan media setempat, pesawat drone yang dicurigai milik Korut tersebut pertama kali terdeteksi Kamis oleh seorang penduduk. Hal itu kemudian dilaporkan kepada otoritas yang berwenang.

Benda itu mempunyai panjang 1,8 meter dan lebar 2,4 meter. Diperkirakan dilengkapi dengan kamera pengintai.

Akhir pekan lalu, Pyongyang menuduh pesawat pengintai tanpa awak (drone) buatan Israel milik Seoul telah melanggar perbatasan Korea Utara (Korut). Namun tuduhan ini langsung dibantah oleh pihak Korea Selatan (Korsel).

Tuduhan tersebut dilontarkan Korut melalui kantor beritanya KCNA. KCNA menulis bahwa pesawat drone Heron buatan Israel milik Korsel melanggar wilayah Korut 4 kali dalam 11 jam. Pyongyang menganggap pelanggaran ini sebagai provokasi militer yang serius.

Baca Juga:
Korut Klaim Drone Pengintai Korsel Langgar Ruang Udaranya
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4941 seconds (0.1#10.140)