Hillary Ejek Putin: Anda Sendiri yang Menyebabkan Ekspansi NATO

Rabu, 27 September 2023 - 16:17 WIB
loading...
Hillary Ejek Putin: Anda Sendiri yang Menyebabkan Ekspansi NATO
Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengejek Presiden Rusia Vladimir Putin perihal ekspansi NATO. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengejak Presiden Rusia Vladimir Putin tentang isu perluasan keanggotaan NATO. Hillary mengatakan: "Sayang sekali, Vladimir. Anda sendiri yang menyebabkannya."

Ketika kembali ke Departemen Luar Negeri untuk mengungkap potret resminya, Hillary juga menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan ketidaksukaannya terhadap kebijakan mantan Presiden Partai Republik Donald Trump, yang mengalahkannya dalam pemilihan presiden AS tahun 2016.

Hillary menyatakan bahwa mungkin ada pertanyaan tentang kemampuan AS untuk menggalang dukungan bagi Ukraina untuk melawan invasi Rusia pada tahun 2022 karena warisan Trump yang mengasingkan sekutunya.

“Orang-orang mungkin meragukan hal itu karena kita telah menghancurkan begitu banyak jembatan dengan sekutu dan teman-teman kita,” katanya kepada para pejabat dan mantan pejabat di Ruang Makan Negara Bagian Benjamin Franklin yang penuh hiasan di badan tersebut, dilansir Reuters pada Selasa (26/9/2023).

"Mengembalikan kebijakan luar negeri... yang benar-benar membawa orang-orang kepada kita, bukan menjauhkan mereka, akan dianggap sangat sulit. Dan memang demikian, tapi hal itu telah tercapai," tambah Hillary. Dia berterima kasih kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken atas upayanya. "Dia (Blinken) membantu memulihkan kedudukan Amerika."

Hillary mengatakan rekannya dari Partai Demokrat, Presiden AS Joe Biden, menjalankan banyak prioritas pemerintahan Obama, di mana Hillary adalah diplomat tertinggi AS dan Biden menjabat sebagai wakil presiden Barack Obama.

“Mempertahankan demokrasi di Ukraina, memperluas NATO – hanya sebagai tambahan, sayang sekali Vladimir, Anda sendiri yang melakukannya,” katanya, yang memicu tawa dan tepuk tangan.



“Kami selalu mengatakan, 'rakyat tidak dipaksa untuk bergabung dengan NATO. Rakyat memilih dan ingin bergabung dengan NATO,'” tambahnya.

Hillary menggambarkan apa yang dia lihat sebagai prioritas umum Biden dan Obama yaitu “memperluas NATO, menghadapi agresi Rusia dan mengelola tantangan dari China.”

Dia bercanda bahwa sudah lama sekali dia tidak melihat potret yang menggambarkan dirinya sedang menatap ke kejauhan dengan latar belakang bendera Amerika yang diperbesar.

“Antara COVID, antara tidak ingin menyelesaikannya pada pemerintahan sebelumnya,” katanya sambil melirik penuh arti ke arah hadirin, mengundang gelak tawa, “sudah lama berlalu. Dan saya mungkin akan sama terkejutnya dengan Anda semua.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)